5 Alasan Mengapa BBM Menjadi Pilihan Banyak Orang

CiriCara TeknoBeberapa tahun lalu, budaya chatting lewat perangkat mobile dipopulerkan oleh Blackberry dengan layanan pengiriman pesan andalannya, yaitu BBM (Blackberry Messenger). Namun seiring perkembangan teknologi, muncullah beberapa kompetitornya seperti Line, WhatsApp, KakaoTalk, WeChat, dan lain-lain.

Kelebihan aplikasi tersebut yang bisa digunakan oleh perangkat apa saja akhirnya membuat BBM memutuskan menjadi aplikasi lintas platform dan tidak eksklusif untuk perangkat Blackberry saja. Ini membuat BBM semakin terjaga eksistensinya karena bisa digunakan di perangkat berbasis Android, iOS maupun Windows Phone.

So, apa sebenarnya kelebihan BBM sehingga masih menjadi aplikasi chatting favorit di tanah air?

Eksklusif dan terorganisir

Alasan mengapa BBM lebih unggul ada di sisi privasi, keamanan dan eksklusivitas yang lebih terjamin. Hal itu terlihat dari penggunaan PIN khusus yang hanya dapat dihubungi oleh pengguna BBM saja. Ini berbeda dari aplikasi sejenis yang mengintegrasikan nomor telepon dalam menu kontak telepon ke daftar kontak di aplikasi.

Lebih detail dan terpercaya

Memang ada beberapa aplikasi chatting yang menambahkan notifikasi bahwa pesan telah terkirim dan dibaca oleh orang yang dkirimi pesan. Namun sebagai pionir di tanah air, tentu BBM sudah lebih dulu menggunakan notifikasi tersebut seperti huruf D yang berarti pesan telah terkirim dan R sebagai tanda pesan telah dibaca.

Fitur berbeda

Aplikasi chatting saat ini rata-rata memiliki fitur yang memiliki kemiripan baik dar segi fungsi maupun pengoperasiannya. Misalnya layanan video call atau voice call yang mengandalkan koneksi internet. Namun BBM memiliki fitur yang membedakannya dengan kompetitor, yaitu BBM Channels. Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan banyak orang dalam daftar kontak BBM sebagai grup atau forum khusus.

Kemudahan berkirim file

Meski sudah banyak aplikasi chatting yang memiliki fitur serupa, BBM juga dapat mengirimkan file dalam bentuk gambar atau suara dengan mudah dan cepat. Pengguna pun kini dapat berkirim file dengan sesama pengguna BBM tanpa kendala.

Melacak keberadaan teman

Apakah Anda atau teman Anda sedang tersesat? Gunakan saja BBM untuk menemukannya. BBM juga bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan teman yang sedang kita tunggu pada saat itu. Ini karena adanya fitur integrasi Glympse yang bisa melacak keberadaan pengguna BBM.

About the author /


Related Articles

Post your comments