5 fitur unggulan Google Nexus 5

Nexus 5

CiriCara Tekno – Google memang memiliki perangkat Nexus yang ditugaskan untuk membawa platform teranyar Android. Kali ini seri kelima Nexus dirakit oleh pabrikan asal Korea Selatan, LG, dengan mengusung sistem operasi terbaru atau yang dikenal dengan nama Android KitKat. Nexus 5 termasuk dalam kategori smartphone kelas premium karena telah dipersenjatai prosesor Snapdragon 800 berkecepatan 2.2 GHz sehingga kinerjanya semakin oke.

Setidaknya ada lima fitur unggulan yang sudah ditanamkan oleh Gooogle di perangkat ini. Apa saja kelima fitur tersebut?

Kamera

Jika pendahulnya, Nexus 4 dengan Android 4.4 tidak menyuguhkan kinerja kamera yang signifikan, maka di seri kelima dengan OS versi 4.4.2 ini kamera Nexus 5 mulai menunjukkan tajinya. Ponsel ini telah dibenamkan berbagai fitur baru, salah satunya mode HDR+ dimana pengguna bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih tajam dalam kondisi pencahayaan yang terang maupun gelap sekalipun. Tombol pengatur volume juga dapat digunakan untuk mengambil gambar. Selain itu, Anda juga dapat memotret saat sedang merekam video dengan melakukan tap pada layar.

Widget

Fitur widget pada platform KitKat dikembalikan posisinya seperti pada Android Gingerbread dimana untuk mengakses widget, pengguna cukup menahan jari ketika berada di homescreen. Setelah widget muncul, Anda bisa melakukan drag ke panel homescreen yang kosong. Jika ingin menyematkan widget pada posisi lockscreen, Anda bisa masuk ke menu Setting > Security > lalu centang “Enable widgets”.

Notifikasi

LG menambahkan lampu di sisi bawah layar Nexus 5 sehingga pengguna tidak akan melewatkan notifikasi yang masuk. Akan tetapi, lampu yang terdiri dari warna merah, hijau dan biru tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu agar menyala secara otomatis ketika ada notifikasi masuk. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Setting > Display > centang “Pulse Notification Light”.

SMS

Google menambahan fitur SMS di aplikasi Hangout dan menjadikannya sebagai aplikasi default untuk SMS di Nexus 5. Namun bagi Anda yang tidak menyukai tampilan Hangout ini dapat menggunakan aplikasi SMS alternatif yag disediakan oleh Google Play. Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi SMS yang disukai dengan masuk ke menu Setting > More > Default SMS app.

Panggilan

Perubahan revolusioner dilakukan oleh Google dalam berkomunikasi dengan mengintegrasikan database seluruh kontak yang tersimpan ke dalam server Google. Dalam menu panggilan, terdapat fitur “Caller ID by Google” dimana pengguna dapat mengintip nomor ponsel orang yang mengaitkan diri mereka dengan layanan Gmail atau Google+. Hal ini dimungkinkan karena untuk menggunakan Gmail atau Google+ pengguna harus memasukkan nomor ponsel saat mendaftarkan diri. Jadi jika Anda menggunakan Nexus 5 atau perangkat KitKat lainnya, maka akan muncul nama serta profil Google+ lawan bicara Anda sebagai pengganti tulisan “Unknown Number” yang biasanya tampil bila panggilan yang masuk tidak ada dalam kontak.

About the author /


Related Articles

Post your comments