5 Kelebihan Lain Smartphone Android

Android-Series-2_original

CiriCara Tekno – Sistem operasi Android memang menjadi OS terpopuler saat ini. Hal ini dikarenakan sistemnya yang bersifat terbuka (open source) dan mudah dioprek atau dimodifikasi. Berselancar di dunia maya, update status di jejaring sosial, chatting dengan keluarga atau rekan terdekat sampai bermain game dengan resolusi HD menjadi keunggulan dari smartphone berbasis Android.

Namun bisa dikataan, kelebihan-kelebihan di atas sebenarnya masih terbilang standar untuk ukuran sebuah smartphone. Disadari atau tidak, perangkat berbasis ‘OS Robot Hijau’ ini memiliki kelebihan lain yang sebenarnya sudah melebur dengan kehidupan sehar-hari. Apa sajakah itu?

Bisnis

Dewasa ini bisnis online sudah semakin menjamur. Anda pun tak perlu repot-repot menggelar lapak dagangan di toko atau kios dengan biaya sewa yang mahal karena semua kebutuhan operasional bisnis bisa anda dapatkan dalam satu genggaman tangan. Di dalam smartphone terdapat beberapa aplikasi untuk situs jual beli secara online sehingga Anda menjajakan barang yang ingin dijual. Tak hanya itu, pengguna Android juga semakin dimanjakan dengan aplikasi mobile banking untuk mempermudah transaksi pembayaran. Ada pula aplikasi untuk melakukan pembukuan atau mencatat transaksi bisnis untuk memudahkan pengguna.

Remote TV

Apakah remote TV Anda rusak atau lupa meletakkannya entah dimana. Dengan ponsel Android, Anda bsia menginstal aplikasi remote yang akan memudahkan Anda dalam mengganti channel siaran TV, mengatur volume suara atau mematikan TV. Selain itu, masih ada beberapa aplikasi yang dapat menjadikan ponsel sebagai alat pengendali jarak jauh peralatan rumah tangga lainnya seperti AC, DVD Player, Xbox, Home Theater, dan lain-lain.

Streaming

Perangkat Android memiliki kemampuan terhubung dengan device lain, misalnya menghubungkan smartphone dengan televisi via kabel USB atau micracast. Setelah terkoneksi, apa yang Anda lakukan di perangkat Android akan ditampilkan langsung di layar televisi. Anda pun bisa melakukan streaming melalui situs video online dengan tampilan layar yang lebih besar.

Terkoneksi dengan mobil

Semakin berkembangnya teknologi membuat ponsel Android bisa dikoneksikan dengan kendaraan roda empat. Karena sudah terhubung dengan software di dalam mobil, Anda bsia melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, bahkan menyalakan mesin mobil lewat perangkat Android Anda.

Developer

Bisa dibilang, ini adalah faktor eksternal mengenai kelebihan Android. Karena sistemnya yang bersifat open source, Android telah membuka lapangan pekerjaan, khususnya bagi para developer. Hubungan antara developer dan Android pun seperti simbiosis mutualisme karena saling melengkapi. Apa jadinya Android jika tanpa developer yang selalu menyajikan berbagai macam aplikasi dan game yang bisa diunduh.

Bukan hanya developer ternama yang menyicip kesuksesan berkat Android, developer independen pun pernah meraih sukses lewat aplikasi miliknya. Contohnya, game Flappy Bird yang sempat booming paada awal tahun ini. So, Anda yang punya keingian membuat aplikasi sendiri pun bisa mencoba menjadi developer.

About the author /


Related Articles

Post your comments