5 tips untuk mempercepat perfroma gadget

AndroidWallpaper

CiriCara Tekno – Dalam kurun waktu tertentu, sistem operasi Android yang digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat sberapa lama atau durasi pemakaian gadget tersebut. Agar kinerjanya kembali optimal, pengguna biasanya menginstal aplikasi pihak ketiga agar kinerjanya tidak semakin terbebani. Namun, sebenarnya ada cara meningkatkan performa gadget tanpa harus menginstal aplikasi, seperti berikut ini:

Matikan Live Wallpaper

Hal paling utama untuk mempercepat performa gadget ada di bagian display atau layar, seperti live wallpaper yang menyedot konsumsi daya dan memperlambat kinerja ponsel. Gantilah live wallpaper dengan wallpaper biasa untuk sedikit meringankan kinerja ponsel.

Matikan animasi

Perpindahan menu ponsel akan terasa lebih gesit bila fitur animasi dimatikan. Jika Anda menggunakan perangkat berbasis Android, Anda bisa masuk ke Setting > Developer Options lalu matikan ketiga animasi Android yang digunakan, yaitu Window Animatio Scale, Transition Animation Scale dan Animation Duration Scale.

Buang aplikasi yang tidak perlu

Semakin banyak aplikasi dan game yang diinstal dan berjalan di background, maka akan semakin berat pula kinerja gadget. Ruang kosong atau free storage pada perangkat juga tinggal sedikit yang tersedia sehingga performanya melambat. Singkirkan aplikasi-aplikasi atau game yang tidak diperlukan dengan menguninstalnya di gadget Anda.

Kurangi widget

Widget memang berfungsi untuk menyajikan sejumlah infromasi dan menjadi shortcut dari aplikasi dengan fungsi yang lebih kompleks. Namun widget yang terus menerus berjalan di background dapat memperlambat kinerja ponsel atau tablet Anda. Karena itu, kurangi jumlah widget agar performa gadget tetap gesit dan meningkat secara drastis karena jumlah proses yang berkurang di background.

Gunakan microSD berkecepatan tinggi

Kapasitas memori internal yang tergerus dapat memperlambat kinerja ponsel. Pengguna bisa menyiasatinya dengan menyisipkan kartu microSD ke dalam slot gadget. Selain dapat membuat memori lebih lapang, penggunaan microSD kelas 6 atau 10 dapat membaca atau menuliskan informasi ke dalam kartu memori dengan kecepatan yang lebih tinggi.

About the author /


Post your comments