Cara Membedakan Smartphone Asli dan Replika

smartphone-replika

CiriCara Tekno – Perkembangan smartphone dengan fitur premium memang menjadikan perangkat ini sebagai buruan utama, terutama bagi yang ingin meningkatkan prestis. Namun ponsel dengan fitur mumpuni ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Hal inilah yang ditangkap sebagai peluang oleh pabrikan asal Tiongkok yang merakit handphone replika atau KW dengan bentuk dan spesifikasi yang hampir mirip. Bahkan jika tak teliti, pengguna bisa terkecoh antara hp replika dengan yang original.

Smartphone replika kini beredar luas di pasaran dengan harga yang sangat miring. Tak tanggung-tanggung, mereka mereplikakan ponsel berkelas seperti iPhone, Galaxy S4, Galaxy Note 3, Galaxy S5, dll. Untuk mengetahui apakah smartphone tersebut asli atau ‘aspal’, simak beberapa tips berikut:

Mengecek tampilan fisik

Jika dilihat dengan lebih seksama, sebenarnya tampilan fisik anatara hp original dan KW memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Misanya tampilan bodi dengan material yang lebih berkualitas atau layar yang lebih jernih. Jika hp tersebut memiliki logo brand atau merek di timbul di permukaan bodi, perhatikan apakah logo tersebut kasar atau tidak. Ponsel replika tentu memiliki kontur yang kasar pada logo saat diraba.

Menggunakan aplikasi opera

Jika Anda menggunakan ponsel berplatform Android, bukalah situs http://apps.opera.com/ lewat hp Anda lalu scroll ke bagian bawah halaman untuk melihat tampilan perangkat yang digunakan. Jika hp tersebut asli, maka akan tercantum merek dan tipe smartphone tersebut. Namun jika hp tersebut palsu, akan muncul tulisan “Your Device is Android Generic Android”.

Menggunakan sampel kamera

Cobalah memotret menggunakan kamera ponsel lalu kirim hasilnya di komputer (Windows) untuk melakukan pengecekan. Pada file foto, klik kanan, kemudian klik properties > summary > advanced. Perhatikan pada bagian “Equipment Make” dan “Camera Model”. Jika hp Anda asli, maka akan muncul tipe dan merek hp tersebut.

Menggunakan AnTuTu Benchmark

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur performa dan mencatat spesifikasi ponsel android Anda. Lakukan serangkaian test dan lihat hasil di bagian Authenticated dan System Info. Pada System Info akan muncul spesifikasi hp lalu bandingkan dengan spesifikasi ponsel yang bisa Anda cek di www.gsmarena.com. Selain itu, hp replika akan terdeteksi oleh AnTuTu Benchmark sebagai “Unknown Device”.

Melakukan tes IMEI

Pada dial pad atau menu pangglan, ketik angka *#06#, maka akan muncul sederetan angka yang merupakan nomor IMEI ponsel. Anda pun bisa mencocokkan IMEI dengan melihat nomor IMEI di belakang bodi ponsel atau dus pembelian. Untuk mengecek keaslian IMEI, buka situs www.numberingplans.com, masukkan nomor IMEI, lalu akan muncul detail smartphone yang Anda gunakan.

Menggunakan CD bawaan

Merek ternama seperti Samsung biasanya dibekali CD bawaan (KIES) untuk mengolah data ponsel. Download software KIES lalu instal di komputer. Setelah itu sambungkan hp ke komputer melalui kabel USB. Smartphone asli pasti akan terdeteksi kodenya di software KIES, sementera hp replika tidak akan terdeteksi.

About the author /


Related Articles

Post your comments