Cara Memotret Menggunakan Kamera Smartphone Dalam Berbagai Momen

kamera ponsel

CiriCara TeknoKecanggihan teknologi saat ini membuat beberapa kegiatan bisa dilakukan lewat satu perangkat saja, misalnya berfoto menggunakan smartphone. Saat ini, kualitas kamera ponsel sudah setara dengan kamera saku bahkan mencapai semi pro. Dengan beragam fitur dan teknologi mumpuni di dalamnya, kualitas foto yang dihasilkan terbilang sangat baik.

Namun berfoto bukan asal jepret saja. Dalam momen atau situasi tertentu harus diperhatikan cara memotretnya agar foto yang dihasilkan cukup memuaskan. Berikut adalah tips memotret dengan benar menggunakan kamera smartphone dalam berbagai situasi yang sedang Anda alami.

Sunrise atau Sunset

Momen kemunculan cahaya seperti matahari terbit (sunrise) atau terbenam (sunset) memang sangat indah untuk diabadikan dalam sebah gambar. Namun saat mengambil foto, cahaya matahari masih cukup terang sehingga dapat mempengaruhi pengambilan foto. Karena itu, ambillah foto dengan membelakangi matahari dan gunakan flash untuk menerangi subjek. Hasilnya, foto akan semakin cantik dan menarik untuk dilihat.

Pemandangan indah

Memotret panorama alam atau pemandangan indah lainnya memang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun bila pemandangan tersebut jauh, banyak yang mengakalinya dengan zoom yang membuat kualitas gambar berkurang dan mengurangi keindahan foto. Untuk situasi seperti ini, carilah objek yang pas untuk dijadikan sebagai background foto. Dengan begitu, cakupan pemandangan akan dipersempit oleh objek tersebut.

Malam hari

Mengambil gambar di tengah kondisi minim pencahayaan memang tidak mudah. Sedikt bayangan saja akan membuyarkan foto. Penggunaan lampu flash pun justru membuat foto terlihat sedikit kontras. Untuk mengambil gambar di malam hari atau kondisi gelap, gunakan saja tripod atau seutau yang dapat menyangga ponsel agar tetap stabil sehingga foto yang dihasilkan cukup baik dan tidak berbayang.

Foto beramai-ramai

Momen berkumpul bersama keluarga atau teman-teman tentunya harus diabadikan sebagai kenang-kenangan. Agar terlihat lebih natural, tak ada salahnya mengambil gambar tanpa sepengatuhan objek yang difoto. Momen seperti inilah yang memberikan kesan tersendiri dan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Objek bergerak

Mengabadikan objek dengan latar bergerak memang diperlukan sedikit ketelitian dan kesabaran. Anda bisa menyalakan flash kemudian menekan tombol fisik untuk mengambil foto agar saat memotret, ponsel Anda tidak mudah bergerak. Selain momen yang tepat, Anda juga harus fokus pada subjek agar hasilnya memuaskan.

About the author /


Related Articles

Post your comments