Cara Mengurangi Efek Radiasi dari Smartphone

CiriCara Tekno -Perkembangan teknologi saat ini memang membuat sejumlah orang menggunakan smartphone atau ponsel pintar sebagai sarana komunikasi. Tak hanya untuk sekedar telepon dan SMS, smartphone juga bisa digunakan untuk browsing, cek email, sosial media hingga keperluan pekerjaan. Namun jika digunakan secara berelebihan, smartphone dapat menimbulkan radiasi yang berefek pada timbulnya penyakit mulai dari yang ringan seperti nyeri otot, pegal-pegal, kejang, kerusakan retina hingga yang serius seperti kanker, tumor, parkinson, alzheimer dan fatigue.

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari efek radiasi smartphone, cobalah beberapa tips berikut.

Gunakan ponsel seperlunya

Jangan terlalu sering menggunakan ponsel. Buatlah percakapan seperlunya saat telepon dan gunakan layanan chat atau SMS karena radiasi yag dipancarkannya lebih sedikit. Hindari browsing atau berselancar di dunia maya secara berlebihan karena daya yang dihasilkannya sama dengan saat menelepon.

Mengambil jarak

Cobalah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Dengan mengatur jarak serenggang mungkin antara ponsel dengan tubuh dapat membantu mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan. Karena itu, usahakan untuk sedikit berjauhan dengan ponsel jika tidak sedang digunakan.

Hndari sinyal lemah

Hindari penggunaan HP ketika berada di area yang jarang sinyal untuk menghindari efek yang tidak diinginkan. Selain itu, jangan memegang bagian atas ponsel karena dapat mengurangi sinyal untuk menangkap jaringan sehingga membesarkan radiasinya. Peganglah ponsel di bagian bawahnya saja.

Menelepon dengan aman

Saat menerima atau melakukan panggilan telepon, gunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti handsfree atau headset bluetooth untuk menjauhkan pamancar sinyal ke kepala dan otak. Jika tidak membawa aksesoris tersebut, cobalah menelepon dengan bergantian telinga kanan dan kiri untuk mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang dikeluarkan oleh ponsel.

Jangan simpan ponsel di saku

Menyimpan smartphone di kantung baju atau celana terlalu lama dapat mempengaruhi organ tubuh. Pada pria, menaruh ponsel di saku celana akan mempengaruhi kualitas sperma dan menyebabkan impotensi. Sedangkan menyimpan di saku baju atau kemeja dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Sebaiknya gunakan tas jinjing untuk menyimpan HP.

Jauhkan ponsel saat tidur

Jangan meletakkan ponsel terlalu dekat, khususnya di bagian kepala, ketika sedang tidur. Paparan radiasi dan medan elektromagnetik dari ponsel dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya matikan HP saat tidur atau gunakan flight mode saja jika Anda ingin mengaktifkan alarm.

Gunakan casing antiradiasi

Untuk mengurangi radiasi ponsel, gunakan stiker antiradiasi atau winguard hingga casing khusus untuk smartphone dengan paparan radiasi yang cukup tinggi. Penggunaan casing antiradiasi yang tepat terbukti mampu mengurangi efek radiasi hingga 66,7%.

About the author /


Post your comments