Compare : Blackberry Z3 dan Blackberry Z10

blackberry

CiriCara Tekno – Meski kejayaan Blackberry sudah berakhir dan hanya menyisakan aplikasi chatting miliknya yang masih populer, Blackberry nampaknya masih mencoba peruntungan di jalur hardware. Kehadiran Blackberry Z3 atau Blackberry Jakarta seperti menjadi peruntungan terakhir untuk menawarkan smartphone yang kompetitif baik dari segi fitur maupun harga.

Tentunya akan sedikit menarik untuk membandingkan produk andalan Blackberry ini dengan salah satu perangkat terbaiknya di tahun lalu, yaitu Blackberry Z10. Seperti apakah keunggulan dan kelemahan kedua produk ini. Berikut perbandingannya.

Desain

Baik Blackberry Z3 maupun Z10 sama-sama mengusung konsep candybar atau batangan. Hanya saja Z3 memiliki ‘tampilan’ yang sedikit lebih bongsor dengan dimensi 140 x 72.8 x 9.26 mm dan berat 164 gram. Berbeda dengan Z10 yang lebih ringan dan ergonomis saat digenggam dengan ukuran 130 x 65.6 x 9 mm dan berat 137.5 gram.

Layar

Untuk display, Z10 lebih superior dengan resolusi layar HD (768 x 1280 pixel) meski layarnya hanya seluas 4.2 inchi. Sementara meski hanya beresolusi 540 x 960 pixel, Z3 memiliki layar seluas 5 inchi yang memberi kepuasan bagi pengguna dalam browsing, bermain game atau beraktifitas di sosial media. Keduanya pun dibekali dengan kedalaman 16 juta warna.

Prosesor

Blackberry Z3 ditanamkan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8230 dual-core dengan kecepatan 1.2 GHz dan grafis yang didukung GPU Adreno 305. Sementara Z10 lebih kuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8960 dengan kecepatan 1.5 GHz, namun mesin grafisnya masih terbilang lawas dengan GPU Adreno 225.

Z3 juga menggunakan OS terbaru, yakni BB 10.2.1 dibandingankan BB 10 milik Z10. Untuk menunjang kinerja, Z3 dibekali RAM 1.5 GB dengan memori internal 8 GB. Sementara Z10 menyematkan RAM 2 GB dan internal storage sebesar 16 GB. Bedanya, memori Z3 bisa diperluas dengan slot microSD hingga 32 GB.

Kamera

Untuk sektor kamera, Blackberry Z3 ‘hanya’ dipersenjatai dengan kamera berdaya bidik 5 MP (2592 x 1944 pixel) lengkap dengan autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection dan kemampuan merekam video 1080p@30fps. Lalu di bagian depannya tersemat kamera 1.1 MP yang dapat mereka video 720p@30fps.

Blackberry Z10 terlihat lebih ‘jumawa’ dengan kamera 8 MP miliknya yang dilengkapi LED flash, autofocus, geo-tagging, image stabilization dan face detection. Kamera sekundernya juga mengusung daya bidik sebesar 2 MP. Kendati demikian daya rekamnya masih sepadan, yakni 1080p (belakang) dan 720p (depan).

Multimedia

Z3 dijejali dengan fitur Radio FM dan juga Music & Video Player. Selain itu masih ada fitur tambahan seperti Organizer, Voice Memo, Audio Record dan Photo Editor. Z10 juga memiliki fitur yang hampir serupa lengkap dengan SNS Integration, HDMI port, Photo Viewer, Document Viewer dan Blackberry Maps. Hanya saja perangkat ini minus radio FM.

Konektifitas

Demi mengakomodasi jalur online, Z3 dapat berjalan di jaringan 3G, EDGE, GPRS, HSDPA dan HSUPA. Masih ada konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, GPS dan microUSB. Sementara Z10 dapat terhubung dengan jalur 3G,GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, LTE, EV-DO REV A yang dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth dan microUSB. Blackberry pun semakin melengkapinya dengan GPS dan NFC.

Baterai

Sebagai penunjang daya tahan, Z3 dibekali dengan baterai non-removable Li-Ion dengan kapasitas 2.500 mAh. Tentunya daya tahan perangkat ini lebih kuat ketimbang Z10 yang hanya menggunakan baterai Li-Ion sebesar 1.800 mAh.

Kesimpulan

Dengan banderol yang lebih murah, pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur yang tidak kalah hebat pada Blackberry Z3 seperti OS terbaru, radio FM dan layar yang lebih besar. Sementara Blackberry Z10 lebih unggul di sektor kamera, performa mumpuni dan fitur yang lebih lengkap.

Namun di tengah gempuran smartphone berbasis Android, Z3 layak menjadi pilihan. Sebab, OS BB 10.2.1 yang dijalankan oleh perangkat ini kompatibel dengan aplikasi berbasis Android lewat file APK.

So, manakah yang menurut Anda lebih baik?

Tagged with:     , ,

About the author /


Related Articles

Post your comments