Compare: Samsung Galaxy Core Duos dan Nokia XL

CiriCara TeknoBerbicara mengenai smartphone Android, tak lepas dari Samsung dengan seri Galaxy miliknya yang telah sukses di pasaran. Vendor-vendor lain pun mencoba mendompleng kepopuleran Android sebagai ssitem operasi untuk produknya. Salah satunya adalah Nokia yang menawarkan pengalaman Windows Phone yang digabungkan dengan ekosistem Android sehingga membuatnya “berbeda”dibanding produsen smartphone lainnya.

Tentu saja sangat menarik untuk membandingkan salah satu produk andalan Nokia, yaitu Nokia XL dengan Samsung Galaxy Core Duos. Selain harganya yang tak jauh berbeda, kedua smartphone ini juga memiliki banyak kemiripan seperti dual SIM dan fitur yang hampir serupa.

Bagaimana perbandingan kedua smartphone ini? Smak ulasannya.

Desain

Dari segi desain, Galaxy Core Duos memiliki ukuran 129.3 x 67.6 x 9 mm dengan berat 124 gram. Bentuknya yang agak sedikit membulat di keempat sudutnya membuat ponsel ini cukup ergonomis saat digenggam. Sementara Nokia XL hadir dengan dimensi 141.4 x 77.7 x 10.9 mm dan berat 190 gram. Tampilannya pun cenderung lebih kaku dan kotak.

Layar dan Interface

Samsung menggunakan layar TFT kapasitif dengan bentangan seluas 4.3 inchi, resolusi 480 x 800 pixel, kerapatan 217 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Sementara Nokia XL tidak jauh berbeda. Meski resolusi dan ketajaman warnanya sama, layar XL menggunakan teknologi IPS LCD kapasitif, layar 5 inchi dan keraptan hanya mencapai 187 ppi.

Dari sisi tampilan, Galaxy Core Duos memiliki interface yang umum digunakan perangkat Android lainnya. Sedangkan Nokia XL lebih fresh dengan tampilan kotak-kotak ala Windows Phone.

Kamera dan Video

Untuk sektor kamera, Galaxy Core Duos dilengkapi dengan kamera sebesar 5 MP (2592 x 1944 pixel) lengkap dengan autofocus, LED flash dan beberapa fitur seperti Geo-tagging, touch focus, dan Face and Smile Detection. Kamampuan merekam videonya beresolusi 480p@30fps. Di bagain depan juga tersemat kamera sekunder sekelas VGA.

Nokia XL juga hadir dengan fitur serupa, yakni kamera 5 MP (2592 x 1944 pixel) dengan LED flash, autofocus, face detection, panorama dan kemampuan merekam video 480p@30fps. Hanya saja, kamera depan lebih superior dengan daya bidik sebesar 2 MP sehingga cocok untuk berfoto selfie.

Internet dan Konektifitas

Untuk konektifitas, tak ada perbedaan berarti pada kedua ponsel ini. Apalagi keduanya juga mendukung kapabilitas dual SIM card. Galaxy Core Duos dapat mengakses jalur 3G, GPRS, EDGE, HSDPA dan HSUPA. Sementara masih ada pilihan konektifitas lokal seperti Bluetooth, WiFi dan microUSB. Nokia XL pun memiliki fitur serupa.

Fitur unggulan

Samsung Galaxy Core Duos memiliki beberapa fitur standar dan aplikasi bawaan Google seperti Gmail, GTalk, Google Search, Google Maps dan Youtube. Sementara Nokia sepertinya berusaha menghilangkan”aplikasi-aplikasi khas Google tersebut dan menggantinya dengan aplikasi buatan sendiri. Buktinya, Nokia XL menggunakan Nokia Store sebagai tempat untuk mengunduh games atau aplikasi. Selain itu masih ada peta digital Here Maps, pemutar music MixRadio, Skype dan media penyimpanan berbasis cloud, OneDrive.

Hardware, Prosesor dan OS

Samsung membenamkan chipset Snapdragon MSM8225 S4 Play dan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz serta RAM 1 GB sebagai dapur pacu. OS yang digunakan juga masih terbilang lawas, yaitu Andorid 4.1.2 Jelly Bean. Ponsel ini juga menyediakan memori internal sebesar 8 GB dan slot microSD hingga 32 GB sebagai memori tambahan. Daya tahannya pun ditunjang oleh baterai Li-Ion 1800 mAh.

Sementara itu, dapur pacu Nokia XL ditanamkan chipset Snapdragon MSM8225 S4 Play. Hanya saja prosesor yang digunakan lebih kecil, yakni dual-core berkecepatan 1 GHz dan RAM 768 MB. OS yang digunakan juga masih Android 4.1.2 Jelly Bean. Untuk media penyimpanan, Nokia hanya menyediakan kapasitas internal storage sebesar 4 GB meski bisa diekspansi dengan miscroSD hingga 32 GB. Namun, baterai yang digunakan masih tergolong lebih besar, yakni 2000 mAh.

Kesimpulan

Baik Nokia XL maupun Samsung Galaxy Core Duos memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Galaxy Core Duos hadir dengan desain umum khas Android, memori internal lebih besar dan performa yang mumpuni. Sementara Nokia XL mengedepankan desain ala Windows Phone, layar 5 inchi, kamera depan yang mumpuni serta membawa fitur khas Windows Phone seperti Nokia Store, MixRadio, Here Maps dan OneDrive.

Tentunya pengguna bisa menentukan apa yang menjadi pilihannya. Apakah Samsung Galaxy Core Duos yang dibanderol Rp 2,3 juta dengan segala keunggulannya. Atau Nokia XL yang dapat ditebus dengan harga yang lebih murah, yakni Rp 2,2 juta.

About the author /


Related Articles

Post your comments