Compare: Sony Xperia E dan IMO Discovery 2

xperia imo

CiriCara TeknoSistem operasi Android kini telah menjadi platform penguasa smartphone, mulai dari yang branded sampai merek lokal. Hal ini pun menjadi perdebatan antara ponsel branded yang sudah dikenal luas atau ponsel lokal dengan banderol murah namun memiliki segudang fitur. Meski demikian, tak ada salahnya membandingkan dua smartphone berbeda kubu tersebut untuk menguji mana yang lebih baik jika ditilik dari segala sisi.

Berikut ini adaah perbandingan dua smartphone dengan harga yang mendekati, yaitu Sony Xperia E dan IMO Discovery 2.

Desain

Material bodi Sony Xperia terbuat dari bahan plastik. Di bagian muka terdapat dua LED notifikkasi, yakni di sisi kiri atas dan di bagian tengah bawah layar. Tiga tombol sensitive touchkey (back, home, recent app) tersemat di bagian bawah layar. Di sisi kanan terdapat tombol power/pengunci layar dan tombol pengatur volume. Di bagian atas terpasang port audio jack dan tombol Walkman. Port microSD ada di sisi kiri dan kamera berada di bagian belakang.

Sementara IMO Discovery 2 juga mengusung material plastik. Port microUSB dan port audio 3.5mm ada di bagian atas ponsel. Di ruas kanan terpasang power dan tombol pengatur volume di ruas kiri. Di bawah layar juga terdapat tiga tombol sensitive touchkey, yaitu home, back dan menu. Sementara bagian belakang tersemat lensa kamera, lampu flash dan speaker di bagian bawah.

Layar dan UI

Xperia E hadir dengan layar 4 inchi WVGA (800 x 480 pixel) dengan kerapatan 233 ppi. Tampilan gambarnya cukup tajam dengan kualitas warna yang hidup. Dalam balutan UI khas Sony, pada lockscreen terdapat dua lockscreen dimana bagian kanan digunakan sebagai shortcut kamera. Layar homescreen pun terdapat 5 panel yang bisa ditambah sesuai keinginan.

IMO membekali produknya dengan layar IPS LCD seluas 4.5 inchi yang sanggup menerima 5 input sekaligus. Tampilan antarmukanya juga tanpa sentuhan kustomisasi dengan 5 panel pada layar homescreen. Di halaman menu, terdapat deretan ikon dalam format grid horisontal dan juga ada kategori widget.

Kamera dan Video

Sony hanya membekali kamera sebesar 3 MP tanpa LED flash pada Xperia E. Salah satu fitur andalannya adalah auto scene dimana pengguna dapat mengambil foto dan video secara otomatis. Sementara IMO Doscovery 2 lebih superior dengan kamera 8 MP yang dilengkapi LED flash, autofocus, face detection dan HDR. Bahkan dengan interpolasi software, resolusi bisa dinaikkan hingga 13 MP.

Multimedia

Xperia E memiliki fitur Walkman, yaitu audio player dengan berbagai menu seperti edit, music info dan visualizer. Tak hanya itu, Sony juga menyematkan teknologi xLOUD yang mampu meningkatkan performa suara bass. Sementara Discovery 2 menggunakan pemutar musik bawaan dengan 11 pilihan equalizer dan juga Google Play Music.

Internet dan Konektifitas

Untuk berselancar di dunia maya, Xperia E dibekali dengan konektifitas UMTS HSPA+ dan juga WiFi sebagai konektifitas alternatif. Sementara Discovery 2 didukung oleh jaringan 3G HSDPA dan WiFi. Pengguna juga dapat membagikan koneksi data via wireless tethering.

Hardware, Prosesor dan Sistem Operasi

Sony Xperia E menggunakan prosesor dual-core berkecepatan 1,2 GHz dengan RAM 512 MB dan OS Jelly Bean sebagai penunjang kinerja. Tersedia juga internal storage sebesar 4 GB dan tambahan slot microSD. Untuk pasokan daya, ditunjang oleh baterai Li-Ion 1700 mAh.

IMO Discovery 2 ditanamkan chipset MTK 6582 dan prosesor quad-core berkecepatan 1.3 Ghz dengan RAM 1 GB. OS yang digunakan adalah Jelly Bean. Ruang penyimpanan internal sebesar 4 GB dipadu slot microSD. Sementara baterai Li-Ion 1800 mAh ditanamkan sebagai pemasok daya.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur di dalamnya, IMO Discovery unggul dalam banyak hal. Mulai dari performa mumpuni dan kamera dengan resolusi lebih besar serta dilengkapi LED flash. Sementara Sony Xperia E hanya unggul dalam kualitas suara berkat fitur Walkman dan teknologi xLOUD saja.

About the author /


Related Articles

Post your comments