Kelebihan dan Fitur Unggulan OS Android KitKat

CiriCara Tekno – Pada platform sebelumnya, Android telah melakukan tiga kali update untuk OS Jelly Bean. Kali ini Google merilis versi terbaru yang diberi nama KitKat dengan perubahan besar dan beberapa perbaikan. OS teranyar ini pun melakukan pembenahan dalam interface, penggunaan memori dan perpindahan yang lebih ringan dari versi sebelumnya.

So, apa saja kelebihan dan fitur-fitur unggulan dari Android KitKat?

Transparent Bar

Google telah menghilangkan warna hitam di sekitar tiga tombol virtual sentuh Android, yaitu Home, back dan Menu. Ketiga tombol virtual dalam versi KitKat ini tampil transparan dan senada dengan warna wallpaper yang Anda gunakan.

Ikon Menu

Latar app drawer KitKat kini memiliki tampilan yang lebih segar dan cerah dari semula berwarna hitam menjadi transparan. Sedangkan untuk ikon menu kini menjadi lebih besar karena jumlah ukurannya yang berkurang dari 5×5 menjadi 4×5.

Rotasi Layar

Anda yang menginginkan rotasi layar secara otomatis pastinya akan sedikit kecewa. Pasalnya perangkat yang mengusung OS Kitkat tidak akan berubah layarnya dari portrait menjadi landscpae meskipun ponsel diletakkan dalam posisi landscape.

Widget

Agar tampilan halaman menu terlihat lebih sederhana, Google menyingkirkan tab apps dan widget dari halaman menu. Pengguna bisa masuk ke widget dengan menyentuh dan menahan jari selama beberapa saat pada bagian kosong di Homescreen. Mekanisme ini sebenarnya sudah diterpakan pada Android versi lawas seperti Froyo dan Gingerbread.

Google Now

Jika sebelumnya aplikasi Google Now yang pertama kali muncul dalam versi Jelly Bean dapat ditemukan di dalam menu, kini aplikasi tersebut telah berpindah tempat. Pengguna yang ingin mengakses Google Now tak perlu repot-repot masuk ke menu karena aplikasi ini sudah menjadi salah satu bagian dari Homescreen.

System dan Status Bar

Google menanamkan fitur immersive mode dimana pengguna dapat melihat layar dalam mode full screen. Jika dulu mode full screen menyembunyikan status bar dan memunculkannya kembali ketika jari menyentuh layar, maka pada KitKat status bar dapat dimunculkan lagi dengan meyapukan jari dari atas ke bawah.

Phone App

Pada versi KitKat, terdapat tampilan dialer baru yang menampilkan keypad abjad secara default. Google sepertinya ingin mendorong pengguna untuk melakukan panggilan dengan mengetikkan nama kontak daripada memasukkan nomor telepon. Namun bila terasa kurang nyaman, Anda dapat melakukan panggilan menggunakan nomor dengan memilih ikon dial pad.

Caller ID by Google

Menu panggilan pada KitKat juga dilengkapi dengan fitur Caller ID by Google yang memungkinkan pengguna menemukan identitas nomor telepon meskipun nomor tersebut tidak tersimpan dalam kontak telepon. Bila pengguna mendaftarkan nomor ponselnya pada layanan Google seperti Gmail, Google+, Hangout dan sebagainya, maka identitas yang sudah terdaftar dalam sistem Google tersebut akan muncul dalam layar ponsel. Namun jika Anda tidak ingin nomor ponsel diketahui oleh orang lain, Anda bisa memilih untuk menonaktifkannya.

About the author /


Related Articles

Post your comments