Review: Advan S5J

Advan-Vandroid-S5J

CiriCara TeknoSebagai salah satu produsen asal tanah air, Advan Vandroid telah merilis smartphone dengan performa mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau. Salah satu produk andalannya adalah seri S5. Setelah merilis S5K, S5G, S5F dan S5E, kali ini giliran S5J yang tampil dengan prosesor quad-core dan layar beresolusi HD.

Lantas, bagaimana performa phablet ini? Berikut reviewnya.

Desain

Sepertinya Advan “terisnpirasi” dari seri Samsung Galaxy. Hal ini terlihat jelas dari desain keempat sudut dan kontur backcover S5J. Di bagian muka terdapat tiga tombol kapasitif home, back dan menu tepat di bawah layar. Selain itu di sisi kanan tersemat tombol power dan tombol pengatur volume. Bagian backcover dicat dengan warna menyerupai logam dengan sentuhan glossy agar tidak licin ketika tangan berkeringat.

Layar dan Tampilan

Advan Vandroid S5J masuk dalam kategori phablet karena memiliki layar TFT kapasitif seluas 5 inchi (720 x 1280 pixel) dengan kerapatan 293 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Lebarnya layar membuat ponsel ini nyaman untuk bermain game, membuka e-book atau streaming video online.

Ponsel ini juga mengadopsi teknologi One Glass Solution dimana panel touch sensor tampak menyatu dengan layar sehingga jari seperti langsung bersentuhan dengan layar tanpa pelapis kaca. Panel sentuh layar S5J juga dapat mengenali 5 sentuhan bersamaan sehingga memungkinkan untuk pengetikan cepat.

Pada tampilan homescreen, terdapat 5 panel secara default yang bisa dtambah maksimal menjadi 7 buah. Area drawer pun dibagi menjadi dua, yaitu apps dan widget. Pada Notification Tray yang bisa diakses dengan swipe dari atas layar ke bawah, pengguna bisa mengakses toggle untuk mengaktifkan atau mematikan fitur tertentu seperti WiFi, bluetooth atau paket data. Tampilan Lockscreen juga dapat memuat fitur widget dengan beberapa panel ke samping.

Kamera dan Fitur Unggulan

S5J memiliki kamera dengan resolusi cukup besar untuk ponsel sekelasnya, yakni 8 MP (3264 x 2448 pixel) lengkap dengan autofocus, LED flash, geo-tagging dan touch focus. Selain itu pengguna juga dapat merekam video dengan resolusi HD(720p@30fps) serta adanya kamera sekunder 3.1 MP di sisi depan. Sayangnya kamera ini miskin fitur dengan pilihan 2 mode utama saja, yakni kamera foto dan perekam video.

Nyaris tak ada fitur atau aplikasi unggulan yang bisa ditemukan pada ponsel ini. Secara default, semua aplikasi didalamnya bisa dibilang standar pada perangkat Android. Pengguna pun dibebaskan untuk menentukan sendiri aplikasi apa yang ingin diinstal. Namun Advan juga menyediakan toko aplikasi digital tambahan untuk mendampingi Google Play Store, yaitu Advan Store. Toko aplikasi ini bukan hanya sebagai tempat mengunduh game dan aplikasi tetapi juga berita dan video menarik seputar produk Advan.

Konektifitas

Untuk berselancar di dunia maya, ponsel yang berjalan pada dual SIM ini memiliki konektifitas yang cukup standar. Selain dapat berjalan pada jalur GSM, UMTS, GPRS, EDGE, HSDPA dan HSUPA, masih ada konektifitas tambahan seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Hardware, Prosesor dan Sistem Operasi

Meski untuk kelas menengah ke bawah, ponsel ini sudah dilengkapi dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB untuk menunjang kinerjanya. OS yang digunakan adalah Android 4.2.2 Jelly Bean. Sebagai media penyimpanan, tersedia memori internal dengan kapasitas 4 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD maksimum 32 GB. Daya tahan ponsel ini juga ditunjang dengan baterai Li-Ion 2000 mAh.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 1,7 juta, rasanya layak menjadikan Advan Vandroid S5J sebagai pilihan. Selain harganya yang relatif murah, masih ada keunggulan seperti layar 5 inchi beresolusi HD yang dilengkapi prosesor mumpuni. Sayangnya tampilan atau UI ponsel ini terbiang standar dan minim aplikasi bawaan. Namun hal itu juga bisa menjadi kelebihan karena terkadang aplikasi bawaan seringkali mubazir karena tidak digunakan. Pengguna pun bisa memilih aplikasi yang ingin diinstalnya sesuka hati.

About the author /


Related Articles

Post your comments