Review: Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5

CiriCara Tekno – Perang Smartphone saat ini ternyata menumbuhkan minat pabrikan elektronik yang sebelumnya tidak tertarik terhadap pasar ini. Asus salah satunya. Dikenal sebagai produsen notebook, Asus kini melebarkan sayapnya di industri smartphone dengan meluncurkan seri Zenfone miliknya pada event CES awal tahun ini.

Yang menarik, meski tampak mewah nyatanya ponsel ini hanya dibanderol Rp 2 jutaan saja sehingga pengguna dapat membawa pulang smartphone yang sudah dibekali prosesor dual core 2 GHz buatan Intel ini. Ingin tahu apa saja keunggulan Zenfone 5? simak ulasan berikut.

Desain

Mengambil konsep dari Asus Padfone, Zenfone 5 dibalut dengan material plastik dengan bazel di bagian bawah yang melingkar serta kilau metalik. Dimensinya pun berukuran 148.2 x 72.8 x 5.5-10.3 mm dan berat 145 gram. Di bagian muka terdapat logo Asus pada bagian atas serta tombol sentuh kapasitif back, home dan menu di bagian bawahnya.

Yang menarik, bagian belakang ponsel ini berdesain cembung dengan lapisan doff pada back cover. Tombol pengatur volume terdapat di sisi kanan, dengan port audio di bagian atas dan port microUSB di bagian bawah.

Layar dan Interface

Zenfone 5 menggunakan layar LCD berjenis IPS kapasitif seluas 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel, kerapatan 294 ppi serta kedalaman 16 juta warna. Pengguna dapat mengatur keseimbangan warna lewat aplikasi Asus Splendid. Selain itu masih ada Reading Mode yang menyamankan pengguna saat membaca e-book maupun artikel di internet. Layarnya pun cukup sensitif sehingga dapat menerima input meski menggunakan sarung tangan.

Untuk interface, Asus menggunakan sentuhan antarmuka Zen UI dengan 3 panel homescreen yang bisa ditambah hingga 9 buah. Di halaman menu terdapat ikon dalam posisi grid horisontal yang meliputi dua kategori, yaitu apps dan widget. Kategori aplikasi tersebut pun dibagi lagi dalam sub kategori all, downloaded dan frequent.

Fitur dan Multimedia

perangkat ini dibekali kamera berukuran 8 MP (3264 x 2448 pixel) lengkap dengan autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection dan Pixel Master Camera. Kemampuan merekam video mencapai 1080p@30fps dengan kamera sekunder 2 MP di bagian depan.

Teknologi PixelMaster yang dikembangkan oleh Asus membuat ponsel ini dapat menghasilkan gambar dengan kepekaan cahaya 4 kali lipat lebih baik serta kontras dua kali lipat dari ponsel lain. Selain dapat mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan yang kurang, masih ada 11 mode pemotretan lain seperti Smart Remove, Selfie, Depth of Field, Beautification dan sebagainya.

Zenfone 5 juga dibekali dengan beberapa fitur menarik seperti What’s Next dan Do It Later untuk memudahkan pengguna dalam mengelola informasi yang diterima. Masih ada fitur SuperNote dan Quick Memo yang bisa digunakan untuk mencatat berbagai tugas, agenda dan keperluan lainnya. AudioWizard akan otomatis menyesuaikan efek suara ponsel dengan mode penggunaan. Pengguna yang ingin mengelola ponsel dari PC dapat menggunakan fitur PC Link. Sementara fitur Power Saver dapat mengatur konsumsi baterai agar berumur lebih panjang.

Internet dan Konektifitas

Dukungan dua karti micro SIM yang bisa digunakan secara bergantian membuat ponsel ini dapat berjalan di jaringan 3G, GSM, UMTS, GPRS, EDGE, HSDPA dan HSUPA. Menariknya, Zenfone 5 mengadopsi teknologi DC-HSPA+ yang membuatnya sanggup mencapai kecepatan maksimum koneksi jaringan 2 kali lipat dari smartphone kebanyakan.

Konektivitas lainnya juga terbilang cukup lengkap, mulai dari WiFi, Bluetooth, Wireless Display Micracast dan port microUSB. Sayangnya Zenfone 5 tidak dibekali NFC seperti ponsel Android kelas atas lainnya.

Hardware, Prosesor dan OS

Meski hanya mengusung prosesor dual-core berkecepatan 2 GHz dengan RAM 1 GB untuk mendukung kinerjanya. Prosesor buatan Intel ini memiliki performa yang setara prosesor quad-core. Sistem operasinya menggunakan Andorid 4.3 Jelly Bean yang bisa di-upgrade menjadi 4.4.2 KitKat.

Kapasitas penyimpanan yang disediakan sebesar 8 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD hingga 64 GB. Pengguna juga dapat memanfaatkan media penyimpanan cloud seperti Asus Webstorage, Google Drive, Dropbox dan OneDrive.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 2 jutaan, Zenfone 5 memiliki banyak kelebihan seperti desain premium, kualitas kamera mumpuni serta performa yang responsif. Kekurangan ponsel ini hanya terdapat pada tidak adanya fitur NFC dan juga earset dalam paket penjualan. Selain itu, stok barang juga sangat sedikit sehingga konsumen harus menunggu ketersediaannya hingga akhir Mei karena Zenfone 5 yang hadir di pasaran kini telah ludes terjual.

Tagged with:     , ,

About the author /


Related Articles

Post your comments