Review: Asus Zenfone 6

CiriCara Tekno – Pada event CES di awal tahun ini, Asus mengumumkan produk smartphone terbarunya dalam seri Zenfone. Dan belum lama ini, Zenfone akhirnya dirilis untuk produk dalam negeri. Salah satu variannya yang cukup menarik adalah Zenfone 6, smartphone yang dibekali berbagai fitur ala premium dengan performa mumpuni namun banderolnya sangat bersahabat. Berikut ulasan Asus Zenfone 6.

Desain

Ponsel ini memiliki dimensi 166.9 x 84.3 x 5.5-9.9 mm dan berat 196 gram. Dengan balutan material plastik, tampilannya seperti ponsel kelas premium dengan detailnya yang elegan dan bazel logam yang memiliki efek kilau cahaya di bagian bawah layar. Di sisi belakang, bodi ponsel tampak menipis di tepi kemudian melengkung dan lebih tebal di tengah. Hal ini membuat Zenfone 6 sangat ergonomis dan nyaman digenggam.

Display dan UI

Ukuran layar sebesar 6 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel membuat pengguna lebih nyaman untuk melihat detail saat menampilkan foto, memutar video, bermain game atau berselancar di dunia maya. Kerapatan layar yang mencapai 245 ppi dan kedalaman 16 juta warnanya juga membuat sisi display terlihat mumpuni.

Asus menanamkan teknologi One Glass Solution atau Direct Bonding yang menyatukan LCD dan panel sentuh yang menerima input sentuhan. Ini membuat jari tampak menempel langsung di layar sekaligus membuat layar menampilkan kualitas gambar terbaiknya. Layar ponsel juga terbilang cukup responsif dan mendukung pengguna yang suka mengetik cepat atau bermain game.

Untuk User Interface, Zenfone 6 menggunakan tampilan ZenUI. Lockscreen secara default menampilkan fitur multi panel yang berisi widget sesuai kebutuhan pengguna. Asus juga menambahkan fitur multi tasking dimana pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam membagi layar. Pada notification tray, pengguna dapat memilih untuk menampilkan notifikasi atau ikon pengaturan cepat yang bisa ditentukan sendiri oleh pengguna.

Fitur dan Multimedia

Zenfone 6 dibekali kamera sebesar 13 MP (4128 x 3096 pixel) yang dilengkapi dengan autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection dengan kemampuan merekam video 1080@30fps. Selain itu, masih ada kamera sekunder di bagian depan sebesar 2 MP.

Asus juga mengenalkan teknologi Pixel Master Camera yang mampu meningkatkan sensitifitas sensor dalam menangkap cahaya dan mengurangi noise sehingga sangat membantu dalam memotret gambar dalam kondisi gelap.

Ponsel ini memiliki fitur unggulan lainnya seperti What’s Next dan Do It Later untuk mempermudah pengguna dalam mengelola informasi yang diterima seperti pesan dan panggilan tak terjawab dan membuat reminder untuk membalas pesan atau menelepon kembali orang yang sudah menghubungi kita sebelumnya.

Internet dan konektiftas

Kapabilitas dual SIM dalam ponsel ini membuat keduanya terhubung pada jalur data operator 3G dan dapat berjalan di jaringan GSM, UMTS, GPRS, EDGE, HSDPA dan HSUPA. Masih ada konektifitas lain sebagai alternatif seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Tak hanya itu, Zenfone juga mengadopsi dua teknologi dalam sistem navigasinya, yaitu GPS (Global Positioning System) besutan Amerika dan GLONASS (Global Navigation Satellite System) buatan Rusia. Artinya, pengguna bisa menggabungkan 48 satelit dari keduanya sehingga informasi yang berkaitan dengan navigasi dan lokasi bisa didapat dengan lebih akurat dan cepat.

Hardware, Prosesor dan OS

Ponsel ini ditanamkan chipset Atom Z2580 dengan prosesor dual-core berkecepatan 2 GHz yang membuatnya setara dengan prosesor quad-core berkat teknologi hyper threading besutan Intel. RAM sebesar 2 GB membuat performa ponsel sangat responsif sehingga multi tasking dengan fitur dual apps dapat berjalan lancar.

Zenfone 6 menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean yang bisa di-upgrade menjadi 4.4.2 KitKat. Kapasitas penyimpanan internalnya sebesar 8 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD maksimum 64 GB. Pengguna juag dapat memanfaatkan Asus Webstorage, yaitu layanan penyimpanan data berbasis cloud. Untuk menunjang daya tahan, ponsel ini dbekali baterai Li-Po sebesar 3230 mAh.

Kesimpulan

Nyaris tak ada kelemahan atau kekurangan dari Zenfone 6. Desain kelas premium, performa responsif dan kamera mumpuni serta dibalut dengan harga yang relatif terjangkau membuatnya bisa dikatakan melebihi ekspektasi.

Salah satu kekurangannya hanya ketidakhadiran fitur NFC, namun itu tak jadi soal karena fitur tersebut belum dapat digunakan di tanah air. Asus pun sepertinya ingin mencuri kursi sebagai pemain utama di pasar smartphone dengan startegi “merusak harga” ini.

Tagged with:     , ,

About the author /


Related Articles

Post your comments