Review: Canon IXUS 155, Kamera Mungil Beresolusi 20 MP

CiriCara TeknoDi tengah gempuran perangkat smartphone dengan fitur kamera mumpuni tak menyurutkan Canon untuk meluncurkan produk kamera saku digital terbarunya. Salah satu produsen kamera terbesar di dunia ini menghadirkan IXUS 155 sebagai regenerasi kamera compact yang stylish dan fashionable serta mampu menghasilkan gambar menawan. Bukan hanya desainnya yang mungil dan cantik, Canon IXUS 155 juga dibalut dengan teknologi mumpuni dan resolusi yang cukup besar di kelasnya. Seperti apa fitur dan spesifikasinya?

Desain dan Control

Canon IXUS 155 hadir dengan desain yang mungil, tipis, ringan dan kompak sehingga nyaman untuk digenggam dan ketika digunakan. Ukuran bodinya 95.3 x 56.8 x 23.7 mm dengan berat 142 gram serta dibalut bahan material alumunium berkualitas yang membuatnya terasa ringan namun kokoh.

Panel layar dibekali dengan teknologi LCD PureColor 2.7 inchi dengan teknologi Brightness Control. Di samping layar, tersemat beberapa tombol pengaturan khas seperti kamera digital lainnya. Penempatan tombolnya terlihat pas dan nyaman seperti tombol shutter yang letaknya sedikit ke tengah dan tombol perekam video yang berdiri sendiri.

Image Quality dan Resolusi

Canon mempersenjatai kamera ini dengan teknologi terbaik seperti prosesor DIGIC 4 dengan iSAPS technology dan fitur optical zoom setara dengan focal length 24-140 mm. IXUS 155 dapat menghasilkan gambar berformat JPEG dengan resolusi terbesar (5128 x 3864) hingga terkecil (640 x 480 pixel). Selain itu, pengguna juga dapat merekam video dengan format MOV beresolusi (1280 x 720 pixel).

Kamera ini menggunakan lensa dengan resolusi 20 MP. Selain itu tersedia juga beberapa fitur seperti Smart Auto (32 scenes detected), Smart Shutter (Smile, Wink Self-Timer, Face Self-Timer), Low Light (4.0 MP), FIsh-eye Effect, Color Accent, Color Swap, dan lain-lain. Gambar yang dihasilkan pun memiliki tampilan yang lebih jelas, tajam dan akurat untuk kelas kamera saku digital.

Fitur

IXUS 155 menawarkan kemampuan 10x digital zoom, 20x ZoomPlus dan Clear Image Technology sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih rinci. Masih ada fitur Image Stabilizer with Intelligent IS yang bisa mengurangi noise dan blur pada gambar. Namun untuk urusan transfer data, kamera ini hanya menyertakan slot microSD dan microUSB yang bisa digunakan untuk memindahkan atau menyalin file ke perangkat lain.

Kesimpulan

Anda yang sedang mencari kamera saku digital dengan desain mungil dan kualitas mumpuni layak melirik Canon IXUS 155 sebagai pilihan. Kamera ini memiliki beberapa keunggulan seperti sensor beresolusi 20 MP yang terbilang besar untuk kamera saku serta fitur optical zoom yang lebih detail dan stabil. Pengguna pun dapat membidik objek dari jarak jauh dan tetap menghasilkan gambar yang jelas dan jernih. Sayangnya IXUS 155 tidak dibekali fitur WiFi sehingga untuk memindahkan data hanya bisa dilakukan secara konvensional melalui kabel USB.

About the author /


Related Articles

Post your comments