Review: Esia Max Pic, Smartphone Quad-core Dengan Layar 5 Inchi

Cyrus-Esia-Max-Pic

CiriCara TeknoEsia kembali merilis smartphone bundling bersama Cyrus setelah TouchMax. Ponsel bernama Max Pic ini memiliki keunggulan dalam performa karena menggunakan prosesor empat inti. Selain itu masih ada kamera sekunder dengan resolusi cukup besar yang cocok digunakan untuk berfoto selfie.

Seperti apa fitur dan spesifikasi lainnya dari ponsel Android berbanderol murah ini? Simak ulasannya.

Desain

Esia Max Pic memiliki bodi berukuran 143 x 73 x 9 mm dengan berat 190 gram. Keempat sudutnya membulat dengan sentuhan doff pada bagian backcover. Tak lupa, Cyrus juga menyertakan backcover alternatif berwarna cerah dalam paket penjualan.

Di bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh sensitif menu, home dan back. Sementara pada bagian belakang tersemat lensa kamera dan lampu flash serta lubang speaker di bagian bawah. Tombol pengatur volume terdapat di sisi kiri. Sementara di ruas kanan tersemat tombol power. Pada bagian atas dijejali oleh lubang port audio dan microUSB.

Layar dan UI

Smartphone ini menggunakan layar IPS capacitive touchscreen seluas 5 inchi dengan resolusi 540 x 960 pixel dan ketajaman 16 juta warna. Terdapat sensor ambient light untuk mengatur tingkat kecerahan secara otomatis dan setting dynamic untuk menghemat daya ponsel.

Dari segi tampilan antarmuka, Max Pic mendapatkan sentuhan kustomisasi pada lockscreen sehingga pengguna dapat mengakses fitur seperti kamera, SMS, panggilan dengan mengarahkan ke shortcut yang disematkan. Pada home screen terdapat 5 panel. Anda pun dapat memasang widget dengan menahan layar serta mengarahkannya ke panel yang kosong.

Kamera

Salah satu keunggulan Max Pic adalah kamera yang cukup superior meski ponsel ini dibanderol dengan harga terjangkau. Terdapat kamera utama berkekuatan 8 MP yang dilengkapi LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection, red eye reduction dan kemampuan merekam video 720p@30fps. Disamping itu, masih ada kamera sekunder sebesar 2 MP yang bisa digunakan untuk selfie.

Multimedia dan Fitur Unggulan

Max Pic memiliki fitur seperti audio dan video player ditambah dengan Radio FM. Sayangnya fitur pemutar videonya minim opsi. Begitu pula dengan fitur pemutar musik yang belum dibekali setting equalizer dan efek suara.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi dan fitur bawaan Cyrus. Diantaranya Cyrus Market dan Cyrus Indobook untuk mengunduh beragam aplikasi, game dan ebook, atau Cyrus Photo Print untuk mengedit gambar. Karena dibundling dengan Esia, ada fitur Esia Download dan juga Klik Musik untuk mengunduh lagu. Aplikasi Kingsoft Office juga sudah tersedia untuk mengelola dan mengedit dokumen dalam format word, excel dan power point.

Internet dan Konektifitas

Max Pic dibekali dengan dual SIM card CDMA-GSM, seperti ponsel lokal umumnya. Koneksi data bisa menggunakan SIM pertama di jalur EVDO, namun SIM GSM hanya berjalan maksimal di koneksi GPRS saja. Hal ini lumrah karena sebagai ponsel bundling dengan operator CDMA, tentu saja jalur CDMA diutamakan untuk online di dunia maya.

Hardware, Prosesor dan OS

Cyrus Max Pic dibekali dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB sebagai dapur pacu. Sistem pengolah grafisnya menggunakan GPU Adreno 203. Namun OS yang digunakan masih terbilang lawas, yakni Android 4.1.2 Jelly Bean.

Kapasitas penyimpanan internal ponsel sebesar 4 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD maksimum 32 GB. Sementara untuk pasokan daya, Cyrus membenamkan baterai Li-Po berkapasitas 2000 mAh.

Kesimpulan

Selain harganya yang cukup murah, Max Pic juga memiliki kelebihan lain seperti prosesor mumpuni, kamera yang powerful serta beragam aplikasi dan fitur bawaan yang berlimpah. Selain itu pengguna juga mendapatkan bonus paket internet Esia. Kekurangan ponsel ini hanyalah kartu GSM yang hanya mendukung jalur EDGE dan GPRS saja.

About the author /


Related Articles

Post your comments