Review : HP Slate 6 VoiceTab

CiriCara Tekno – Dulu, HP dikenal lewat produk smartphone PDA miliknya yang bernama iPAQ. Namun di era baru smartphone saat ini, HP nyaris tidak terdengar gaungnya. Setelah menunggu cukup lama, HP akhirnya merilis smartphone terbarunya yang menggabungkan ponsel dan tablet atau populer disebut phablet, yaitu HP Slate 6 VoiceTab. Bahkan, phablet ini juga dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat. Seperti apakah keunggulan produk teranyar ini? Berikut ulasannya.

Desain

Meski harganya cukup terjangkau, perangkat ini memiliki tampilan ala phablet kelas premium. Berbalut material platik, Slate 6 VoiceTab memiliki dimensi 165 x 83.2 x 8.8 mm dengan berat 160 gram. Kesan mewah bisa dilihat dari pola mirip serat karbon dengan efek berkilau di bagian back cover dan bazel berwarna keemasan yang mengelilingi ponsel. Saat digenggam, phablet ini relatif ringan meski terasa kurang solid dibandingkan phablet kompetitor sejenis. Di sisi kanan ponsel, terdapat tombol power dengan tombol pengatur volume di sisi kiri.

Display dan UI

Slate 6 VoiceTab memiliki layar sentuh IPS kapasitif seluas 6 inci, resolusi 720 x 1280 pixel dengan kerapatan 245 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Resolusi berdefinisi tinggi miliki phablet ini menampilakn gambar dengan kualitas warna yang cukup tajam.

Di bagian User Interface (UI), HP memilih tidak mengutak-utik tampilan Android sehingga membuatnya mirip dengan produk resmi Google, yaitu ser Nexus. Fitur Lockscreen dilengkapi multipanel fitur widget dengan 7 pilihan. Homescreen juga memiliki 5 panel shortcut yang bisa dikurangi atau ditambahi. Pengguna juga dapat mengelompokkan shortcut ke dalam sebuah folder.

Fitur dan Multimedia

Di sektor kamera, Slate 6 VoiceTab memiliki kamera sebesar 5 MP (2592 x 1944 pixel) yang dilengkapi LED flash, autofocus, serta beberapa fitur tambahan seperti geo-tagging, touch focus, panorama dan face detection. Di bagian depan juga terdapat kamera sekunder berdaya bidik 2 MP.

Tak hanya itu, HP juga menyematkan sejumlah aplikasi unggulan yang beberapa diantaranya merupakan aplikasi eksklusif dar HP. Misalnya HP ePrint yang menghubungkan phablet dengan perangkat printer HP, atau HP connected dimana pengguna bisa terhubung ke layanan penyimpanan foto cloud dari snapfish milik HP. Selain itu masih ada HP file manager, Kingsoft Office dan beberapa fitur standar lainnya.

Konektifitas

Untuk berselancar di dunia maya, Slate 6 VoiceTab dapat berjalan di jaringan GSM, GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, dan HSUPA. Masih ada konektifitas lokal sepert WiFi, Bluetooth dan microUSB. Namun perangkat ini tidak dilengkapi dengan NFC dan inframerah.

Phablet ini juga dilengkapi dengan 2 aplikasi browser sekaligus, yaitu browser Android dan Chrome dimana tersedia fitur seperti multi tab, incognito, bookmark dan request desktop site.

Hardware, Prosesor dan OS

HP Slate 6 VoiceTab menggunakan chipset Marvell PXA1088 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB untuk mendukung kinerjanya. Sistem operasinya pun menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Selain mendukung dual SIM card, phablet ini juga memiliki kapasitas memori internal sebesar 16 GB dengan tambahan slot microSD hingga 64 GB. Baterai Li-Ion berkapasitas 3000 mAh juga sudah ditanamkan sebagai penunjang daya tahan.

Kesimpulan

Nama besar HP menjadi jaminan tersendiri untuk phablet ini. Dengan harga relatif terjangkau, tampilan fisik Slate 6 VoiceTab membuatnya terlihat seolah seperti produk berbanderol mahal. Namun, phablet ini sebenarnya bisa lebih baik jika HP mengubah tampilan UI-nya yg terbilang standar dan juga menambahkan banyak aplikasi dan fitur khusus dari HP.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments