Review: Lenovo G400S Laptop 14 inchi

CiriCara Tekno – Meski pasar teknologi mobile dijejali oleh perangkat smartphone dan tablet, Lenovo justru meluncurkan laptop melalui seri IdeaPad miliknya, yaitu G400S. Pabrikan asal Tiongkok ini memang sudah dikenal di pasar komputer dan kali ini ia merilis G400S yang menggunakan layar 14 inchi dan sistem operasi Windows 8.

Seperti apa performanya, simak ulasan berikut.

Desain

Dilihat dari bentuknya, Lenovo G400S memiliki desain yang simpel, kompak da ergonomis. Dimensinya 349 x 245 x 25.8 mm dengan berat 2.3 kg. Bobotnya yang ringan sangat cocok untuk anda yang sering membawa laptop saat berpergian. Material bodi menggunakan bahan plastik berkualitas yang dikombinasikan unsur logam di dalam cangkangnya. Warna hitam dengan motif serat juga membuatnya terkesan elegan.

G400S dibekali slot SD Card Internal, port LAN, VGA port, port audio jack, 3 slot USB dan slot charger bermodel ‘USB’ yang terdapat di sisi kanan-kiri laptop. Masih ada One-Key Recovery di sebelah tombol ower yang berfungsi untuk memudahkan pengguna jika suatu saat sistem atau laptop bermasalah. Perangkat ini juga menggunakan Dolby Advanced Audio v2 sehingga suara yang dihasilkan cukup berkualitas lewat double speaker yang terletak di bagian bawah laptop.

Layar dan Keyboard

Pada saat membuka cangkangnya, terhampar sebuah layar berukuran 14 inchi dengan resolusi 1.336 x 768 pixel. Tampilan layar terbilang cukup nyaman untuk browsing, mengakses aplikasi Microsoft Office dan juga gaming. Sayangnya pengguna harus mensetting kembali pengaturan layar karena G400S memiliki contrast dan brightness yang lebih cocok untuk kondisi outdoor sehingga akan terlalu ‘terang’ jika digunakan di dalam ruangan.

Selain keyboard masih ada tombol input, yaitu keyboard QWERTY yang lengkap dan tersusun rapi. Jarak setiap tuts cukup luas sehingga meminimalisir typo serta nyaman untuk digunakan. Lenovo juga menyematkan tombol khusus Windows dan tombol shortcut untuk mengakses fitur yang ada didalam laptop. Di bagan trackpad, ditanamkan sensor gerakan gesture sebagai navigasi. Sayangnya meski gerak kursor di touchpad terbilang cukup responsif, namun tidak diikuti dengan responsifitas pada saat melakukan double click, hal ini membuat tombol ‘mouse’ lebih sering digunakan.

Performa

Untuk dapur pacu, G400S ditanamkan prosesor Intel Core i5-3220 dengan kecepatan 2.6 GHz. Kapasitas memori sebesar 4 GB dengan tambahan harddisk sebesar 500 GB. Sistem operasi menggunakan Windowss 8. Grafisnya juga terbilang cukup mumpuni dengan VGA Intel HD Graphic 4000. Performa mumpuni inilah yang mampu mengakomodasi produktifitas pengguna untuk keperluan pekerjaan (mengetik, editing gambar/video, browsing) dan juga hiburan seperti gaming, menonton video atau mendengarkan musik dengan kualitas suara yang lembut dan nyaman didengar berkat teknologi dolby.

Daya tahan laptop ini juga didukung dengan baterai Li-Cylinder 4 Cell, 41 Wh dengan performa baterai seperti laptop pada umumnya. Untuk pemakaian normal, laptop ini dapat bertahan hingga 4.5 jam.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lenovo G400S layak dijadikan pilihan terutama untuk penggunaan mobile sehari-hari. Tampilannya yang sederhana, kompak dan elegan serta performanya yang mumpuni dan harga relatif terjangkau dikelasnya menjadi nilai tambah untuk laptop ini.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments