Review: LG G3, Smartphone Penerus G2

CiriCara TeknoLG akhirnya resmi merilis varian terbaru G Series miliknya yang diberi nama G3. Smartphone kelas premium ini pun siap berssaing dengan smartphone flagship lainnya yang memiliki fitur, spesifikasi dan harga yang tidak jauh berbeda. So, apa saja yang menjadi keunggulan suksesor LG G2 ini? Simak ulasan berikut.

Desain

LG G3 dibalut casing plastik “metalic finish” dan bezel super tipis yang membuatnya terlihat elegan dan mewah. Bodinya juga terlihat kokoh dengan dimensi 146.3 x 74.6 x 8.9 mm dan berat 149 gram. Ini mmebuat LG G3 terlihat ergonomis saat digenggam.

Display

Smartphone ini dilengkapi dengan layar IPS capacitive touchscreen berukuran 5,5 inchi dengan resolusi QHD (2560 x 1440 pixel), kerapatan 534 ppi dan kedalaman hingga 16 juta warna. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup jernih dan tajam. Pengguna juga bisa mengatur tingkat kecerahannya sesuai kenyamanan. Selain itu demi meminimalisir goresan, layar LG G3 dilapisi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3.

Kamera

Di sektor pengabadi gambar, kamera utama sebesar 13 MP (4160 x 3120 pixel) tersemat di bagian belakang ponsel lengkap dengan berbagai fitur seperti autofocus, dual LED flash,, IR laser dan OIS (optical image stabilization). Selain itu masih ada fitur lainnya seperti geo-tagging, face detection dan HDR. Kamera belakang juga dapat merekam video beresolusi 2160p@30fps dan 1080p@30fps. Sementara di bagian depan tersemat kamera sekunder sebesar 2.1 MP dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Multimedia

Untuk multimedia tak jauh berbeda dibanding ponsel lainnya seperti audio dan video player. LG G3 juga dilengkapi fitur Dolby mobile sound enchancement sehingga kualitas suara yang dihasilkan lebih superior. Tak hanya itu, speaker berdaya 1W juga terpasang untuk memanjakan telinga pengguna.

Konektifitas

Aktifitas online atau berselancar di dunia maya disokong oleh jalur 3G HSPA, 4G LTE dan LTE Rev. A. Selain itu tersedia juga konektifitas lokal yang cukup lengkap. Mulai dari WiFi, Bluetooth, IR (infrared/infra merah), port microUSB, NFC hingga GPS/GLONASS.

Hardware, Prosesor dan OS

Dapur pacu LG G3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8974AC 801 yang mengusung prosesor quad-core berkecepatan 2,5 GHz dan RAM 2 GB untuk menunjang kinerjanya. Pengolah grafisnya menggunakan GPU Adreno 330. Bahkan tersedia juga varian yang dibekali RAM sebesar 3 GB.

Ponsel ini menggunakan OS teranyar, yakni Android 4.4.2 KitKat. LG G3 tersedia dalam dua pilihan kapasitas internal storage, yaitu 16 GB dan 32 GB. Kapasitas ekspansi memori eksternal yang ditambahkan juga sangat besar mencapai 128 GB. Ponsel ini menggunakan baterai removable sebesar 3000 mAh sebagai pemasok daya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, LG G3 memiliki banyak keunggulan sebagai ponsel kelas premium. Hal itu terlihat dari prosesor yang digunakan, kamera mumpuni, serta kualitas layar yang cukup tajam. Desainnya juga terlihat mewah dengan lima pilihan warna yang elegan, yaitu metallic black, silk white, shine gold, moon violet dan burgundy red.

About the author /


Related Articles

Post your comments