Review: Samsung Galaxy Camera 2

Samsung-Galaxy-Camera-2

CiriCara Tekno – Ditengah perkembangan gadget seperti smartphone dan tablet, Samsung rupanya masih memperhatikan kebutuhan para penggemar kamera saku dengan mengeluarkan Samsung Galaxy Camera 2 meski saat ini sudah banyak perangkat smartphone kelas flasgship dengan kualitasnya yang mumpuni.

Anda yang memerlukan gadget pendamping sebagai alternatf tentunya bisa melirik Galaxy Camera 2 yang sudah dibekali dengan sistem operasi Android. Lalu bagaimana performa dan kelebihannya suksesor Galaxy Camera 1 ini?

Desain

Dimesinya 132.5 x 71.2 x 19.3 mm dengan berat 283 gram. Material bodi dibalut dengan bahan plastik dan logam alumunium. Secara garis besar tak banyak perubahan dibanding pendahulunya. Letak port, tombol serta komponen lainnya nyaris identik. Perbedaan hanya terdapat di beberapa sudutnya yang agak sedikit membulat dan letak tombol lampu flash ke sisi atas kamera dari sebelumnya di sisi kanan. Samsung juga mendesain ulang lampu flash dengan memberi engsel 2 titik sehingga pengguna bisa mengarahkan lampu flash ke atas atau agak ke bawah.

Jika pada generasi pertama Samsung menggunakan bahan karet untuk area pegangan atau grip agar tidak licin, di perangkat ini Samsung menggunakan material plastik bertekstur mirip kulit yang juga mendominasi area depan kamera.

Display dan UI

Galaxy Camera 2 menggunakan layar sentuh Super Clear LCD kapasitif seluas 4.8 inchi dengan resolusi 720 x 1280 pixel, kerapatan 306 ppi serta kedalaman 16 juta warna. Tak lupa lapisan antigores Corning Gorilla Glass 2 sudah terbenam di layar kamera.

Terlihat tak ada banyak perubahan berarti dibandingkan pendahulunya, apalagi bentangan layar diagonal seluas 4.8 inchi tak banyak ditemukan bahkan di kelas profesional sekalipun. Produk ini tidak hanya nyaman digunakan untuk menjalankan fungsi utama sebagai kamera, namun juga bisa untuk bermain game, berinternet, berkirim pesan lewat email dan memutar file multimedia.

Tampilan Galaxy Camera 2 secara default menampilkan UI kamera. Namun pengguna bisa beralih ke homescreen dengan menekan tombol virtual di kanan atas, lalu akan muncul 3 tombol virtual khas perangkat Android, yaitu back, home dan menu. Pengoperasian perangkat ini juga tak jauh berbeda dari ponsel Galaxy lainnya.

Kamera

Perangkat ini dibekali kamera berdaya bidik 16.3 MP (4608 x 3456 pixel) dengan 21x Optical Zoom dan berbagai fitur seperti autofocus, Xenon flash, geo-tagging, touch focus, serta face and smile detection. Galaxy Camera 2 juga dapat merekam video dengan kualitas 1080p@30fps dan 512p@120fps.

Secara garis besar, ada 4 mode utama dalam fitur kamera. Yang pertama adalah mode Auto yang praktis dengan tinggal mengarahkan kamera dan menekan tombol shutter. Berikutnya mode Smart yang memiliki 28 pilihan untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan kondisi pengguna. Lalu ada mode Expert dimana pengguna dapat mengatur shutter speed, aperture, EV dan ISO. Yang terakhir adalah My Modes dimana pengguna dapat memilih pengaturan favoritnya dari mode Smart dan Expert.

Konektifitas

Untuk konektifitas, perngkat ini tidak mendukung jalur data lewat operator sehingga pengguna hanya bisa memanfaatkan WiFi untuk browsing dan online. Selain itu masih ada pilihan konektifitas lain seperti Bluetooth dan microUSB.

Samsung juga menambahkan pilihan NFC untuk transfer data. Jika anda memiliki gadget lain yang juga memiliki fitur NFC, maka transfer data akan lebih mudah dilakukan.

Hardware, Prosesor dan OS

Demi menunjang kinerjanya, Samsung menanamkan prosesor Quad-core berkecepatan 1.6 Ghz dengan chiipset Exynos 4412 yang didukung RAM 2 GB. Grafisnya ditunjang oleh GPU Mali-400. Sistem operasi menggunakan Android 4.3 Jelly Bean.

Galaxy Camera 2 memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB dan bisa diperluas dengan tambahan slot microSD hingga 64 GB. Pengguna juga dapat terhubung dengan penyimpanan cloud seperti dropbox atau Google Drive. Baterai Li-Ion sebesar 2000 mAh juga tersedia sebagai penunjang daya tahan kamera.

Kesimpulan

Sebagai perangkat kamera berbasis Android, Galaxy Camera 2 memang bisa disebut sebagai smart camera karena memiliki fungsi lain disamping fungsi utama sebagai pengabadi momen atau gambar bergerak. Namun seejatinya, sudah ada banyak smartphone dengan performa kamera yang tak jauh berbeda dengan perangkat ini. Dan jika anda mencari perangkat dengan fitur kamera seutuhnya, ada banyak pilihan yang relatif lebih baik dengan kisaran harga yang sama.

About the author /


Post your comments