Review : Samsung Galaxy Note Pro 12.2

CiriCara Tekno – Samsung memang sangat mendominasi di pasar perangkat Android. Hal ini disebabkan vendor asal Korea Selatan itu menyediakan berbagai macam perangkat Android dalam setiap segmen pengguna mulai dari low-end, mid-end, sampai kelas premium. Baru-baru Samsung juga meluncurkan varian Galaxy Note miliknya dalam bentuk tablet. Alih-alih menggunakan layar dalam rentang 7-10 inchi seperti tablet kebanyakan, Samsung justru merilis Galaxy Note Pro dengan layar 12 inchi. Lalu, bagaimanakah performa tablet super ini?

Desain

Galaxy Note Pro memiliki ukuran 295.5 x 204 x 8 mm dengan berat 753 gram. Seperti ciri khas generasi baru Galaxy Note, tablet ini dilapisi dengan material plastik dengan area backcover yang seperti kulit “imitasi” lengkap dengan tekstur jahitannya. Sekeliling tablet juga dilapisi bazel yang memberi kesan mewah dan tidak murahan.

Di sisi atas terdapat tombol power, tombol pengatur volume, lubang mic dan pemancar infra merah. Di sisi kanan terdapat penyimpanan S Pen bersama port microUSB, slot microSD dan kartu SIM, sementara port audio jack tersemat di sisi kiri tablet. Kedua sisinya juga dihiasi dengan speaker stereo sebagai output suara.

Display dan UI

Samsung rupanya lebih menggunakan layar TFT LCD untuk perangkat ini dibanding panel Super AMOLED yang menjadi ciri khas Galaxy kelas premium. Galaxy Note Pro menggunakan layar 12.2 inchi dengan resolusi WQXGA (2560 x 1600 pixel) dengan kerapatan 247 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Ukuran layar yang lebar tentu akan memberikan kenyamanan bagi Anda untuk menikmati koleksi film dan gambar bersama beberapa teman sekaligus.

Perangkat ini masih menggunakan TouchWiz UI khas Samsung. Pada homescreen, terdapat panel Magazine di area paling kiri. Lalu ada fitur multiwindows dengan kemampuan multitasking dimana pengguna dapat menjalankan 4 aplikasi sekaligus di layar dengan membaginya dalam ukuran yang sama atau menentukan komposisi ukuran layar sesuai kebutuhan.

Kamera

Untuk sektor kamera, Galaxy Note Pro menggunakan kamera sebesar 8 MP (3264 x 2448 pixel) yang dilengkapi dengan LED flash, autofocus, geo-tagging, face and smile detection dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps dan video stabilization. Di bagian muka, tersemat kamera sekunder 2 MP.

Pada fitur kamera, tersedia 11 mode utama seperti auto, beauty face, best photo, best face, sound & shot, drama , HDR, erases, panorama, sports dan night. Selain itu masih ada 9 pilihan efek filter yang bisa ditambahkan dengan mengunduhnya di Samsung Apps Store. Pengguna juga dapat memotret atau merekam video secara bersamaan dan menggabungkannya dalam satu foto atau video.

Stylus S Pen dan Fitur Khusus

Tak banyak perubahan dalam penggunaan stylus dan fitur S Pen. Ketika S Pen dicabut dari slot, pengguna akan disajikan fitur Air Command yang menampilkan 5 shortcut daam bentuk cincin virtual. Diantaranya Action memo, Scrap- Booker, Screen White, S Finder dan Pen Window.

Galaxy Note Pro juga dilengkapi fitur Magazine di panel homescreen yang berfungsi menampilkan berbagai informasi seperti berita dari internet, update jejaring sosial, atau hal lain yang berhubungan dengan aplikasi yang sudah terinstal di tablet. Lalu ada Remote PC yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputernya menggunakan tablet dimanapun berada asalkan keduanya terhubung lewat internet. Selebihnya ada fitur yang sudah populer seperti Air View, Motion Gesture dan Smart Screen.

Konektfitas

Untuk mendukung konektifitas, perangkat ini dapat berjalan di jaringan GSM, GPRS, EDGE, HSDPA dan HSUPA. Tersedia pilihan konektifitas lain seperti WiFi, Bluetooth, Infrared dan microUSB dengan teknologi USB 3.0 atau Super Speed yang memiliki keceptan data 10 kali lebih cepat dibanding versi 2.0.

Hardware, Prosesor dan OS

Untuk pasar Indonesia, Samsung menggunakan chipset Exynos untuk Galaxy Note Pro dengan membawa 2 prosesor quad-core yang bekerja secara independen. Prosesor Cortex A15 dengan kecepatan 1.9 GHz akan bekerja jika tablet membutuhkan perfoma tinggi. Namun jika tdak sedang diperlukan, maka prosesor Cortex A7 berkecepatan 1.3 GHz yang berjalan demi menghemat baterai. Kinerja tablet ini juga didukung dengan RAM 3 GB dan OS Android 4.4 KitKat.

Media penyimpanannya terdiri dari dua pilihan, yaitu 32 atau 64 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD hingga 64 GB. Samsung juga membekali perangkat ini dengan baterai Li-Ion 9500 mah sebagai penunjang daya tahan.

Kesimpulan

Bisa dikatakan, Galaxy Note Pro 12.2 menjadi awal era tablet mengambil alih fungsi laptop. Apalagi layar ekstra besar dengan kinerja superior dan segudang fitur menarik dan aplikasi profesional sudah tersedia didalamnya. Desainnya juga tergolong premium dengan sistem operasi terbaru. Kekurangan tablet ini hanya terdapat pada banderolnya yang relatif tinggi dan minus fitur NFC.

Tagged with:     , ,

About the author /


Related Articles

Post your comments