Review: Samsung Galaxy S5

galaxy-s5-ad1

CiriCara Tekno – Sukses dengan seri Galaxy S miliknya, Samsung kini merilis generasi kelima yang diberi nama Samsung Galaxy S5. Setelah resmi diperkenalkan ke publik dalam acara Mobile World Congress 2014 akhir Februari lalu, Galaxy S5 kini telah resmi dipasarkan di tanah air karena sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar setianya. Lantas, seperti apa kehebatan smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 8,5 juta ini? Simak review berikut.

Desain

Dengan dimensi 142 x 72.5 x 8.1 mm dan berat 145 gram, Galaxy S5 juga dibekali dengan layar full touchscreen, tombol lock/power, tombol pengatur volume, port microUSB dan port audio 3.5 mm. Sayangnya secara keseluruhan, ponsel ini jauh dari kesan premium yang ditunggu oleh banyak orang. Bazel logam di sekeliling bodi atau back cover yang berpola grid titik-titik justru malah membuatnya terkesan membosankan. Ponsel ini juga terasa kurang nyaman saat digenggam karena serasa tidak memegang utuh.

Display dan UI

Galaxy S5 menggunakan layar Super AMOLED seluas 5.1 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, kerapatan hingga 432 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Untuk menghindari goresan, layarnya juga sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Tentunya hal ini sedikit mengecewakan penggemar karena menurut rumor, Galaxy S5 akan menggunakan layar resolusi 2K (2560 x 1440 pixel) dan kerapatan 560 ppi.

Dibalut dengan TouchWiz UI, tampilan menu khas Samsung dengan panel dan shortcutnya yang khas akan memanjakan pengguna, khususnya yang sudah familiar dengan user interface ini. Samsung juga menyematkan fitur unggulan, yaitu pemindai sidik jari untuk membuka layar.

Kamera, Multimediaa dan Fitur unggulan

Sebagai media pengabadi gambar atau momen, Galaxy S5 sudah dibekali dengan kamera utama yang berkekuatan 16 MP dengan LED flash dan autofocus. Kamera sebesar 2 MP juga menghiasi bagian depan ponsel. Samsung turut menyertakan fitur yang cukup komplit mulai dari otomatis, face detection, kamera ganda, panorama, virtual tour shot dan download untuk mengunduh beberapa aplikasi agar hasil kamera terlihat lebih menarik.

Di sektor multimedia, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa. Salah satu fitur yang cukup menarik adalah Smart Sound dan SoundAlive yang mampu mengatur secara otomatis suara setiap lagu ke tingkat yang sama sehingga pengguna tak perlu mengubahnya secara manual.

Selain finger scanner atau pemindai sidik jari, Galaxy S5 masih memiliki sejumlah fitur unggulan seperti sensor detak jantung, atau Kids Mode yang akan melindungi isi ponsel bila digunakan oleh anak anda. Sertifkasi IP67 juga membuat ponsel ini terlindungi meski berada di kedalaman 1 meter di bawah air selama 30 menit.

Internet dan Konektifitas

Untuk urusan konektifitas, Galaxy S5 dapat berjalan di jaringan GSM, HSDPA, LTE dan HSUPA. Selain itu masih ada fitur konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, NFC dan microUSB. Fitur IrLED atau pemancar infra merah juga didukung oleh aplikasi remote control sehingga pengguna bisa memfungsikan ponsel sebagai pengendali jarak jauh untuk beberapa perangkat elektronik. Masih ada juga fitur Download Booster yang mampu melakukan koneksi LTE dan WiFi secara bersamaan.

Hardware, Prosesor dan OS

Samsung membekali Galaxy S5 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.5 GHz. Grafisnya pun didukung dengan GPU Adreno 330. RAM 2 GB juga disematkan sebagai penunjang kinerjanya. Ponsel ini pun menggunakan Android versi terbaru, yaitu 4.2.2 KitKat. Tak lupa, masih ada media penyimpanan internal sebesar 16 GB dan baterai Li-Ion berkapasitas 2.800 mAh.

Sayangnya untuk ponsel kelas premium, hardware yang disematkan masih kurang mumpuni kerena seharusnya S5 memiliki RAM lebih dari 2 GB dan internal storage yang setidaknya sudah 32 GB. Kapasitas baterai juga seharusnya lebih besar melihat banyaknya fitur dan aplikasi yang bisa menyedot daya cukup besar.

Kesimpulan

Meski disebut-sebut sebagai ponsel premium yang wajib ditunggu tahun ini, kenyataannya Galaxy S5 terbilang sedikit mengecewakan. Sejumlah fitur unik dan unggulannya tidak berjalan maksimal karena performanya yang kurang akurat seperti sensor sidik jari dan detak jantung. Materialnya pun masih menggunakan plastik dan membuatnya terkesan ‘murahan’. Namun setidaknya, ponsel ini masih memiliki sejumlah kelebihan seperti prosesor yang mumpuni, konektifitas yang lengkap, dan layar Super AMOLED dengan balutan lapisan antigores Corning Gorilla Glass.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments