Review: Smartfren Andromax I3

CiriCara Tekno – Sebagai salah satu brand Tanah Air, Smartfren Andromax kian menancapkan kukunya di pasar smartphone dengan produk berkualitas namun harganya tetap terjangkau. Berkolaborasi dengan vendor asal Tiongkok, Hisense, Smartfren merilis produk terbarunya, yaitu Andromax I3 dengan beberapa peningkatan dibanding seri pendahulunya.

Seperti apa kelebihan yang ditawarkan oleh produk teranyar ini? Simak ulasannya.

Desain

Andromax I3 memiliki bodi berdimensi 142.5 x 72.8 x 9.6 mm yang dibalut dengan material plastik. Setiap sudutnya menumpul dan agak membulat. Pada bagian muka, terpampang layar touchscreen dengan speaker dan sensor kamera depan. Di sisi kanan tersemat tombol power dan tombol pengatur volume. PortUSB untuk charge dan konektifitas data ke komputer bisa Anda temukan di sisi kiri, sementara di sisi atas terdapat port audio jack untuk mendengarkan konten suara via headset.

Display dan UI

Smartfren membekali perangkat ini dengan layar IPS kapasitif seluas 5 inchi (540 x 960 pixel), dengan kerapatan 220 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Meski kualitasnya belum HD, namun gambar yang disajikan cukup tajam dengan viewing angle yang luas dan keluaran warna yang cukup baik.

Tampilan antarmukanya terlihat familiar dan mudah digunakan. Ada tiga tombol kapasitif di layar sebagai tools navigasi antarmenu, yaitu tombol shortcut untuk mengakses Wallpaper, Manage Apps dan System Setting, tombol Home dan tombol Back.

Kamera dan Multimedia

Kamera dengan daya bidik 5 MP (2560 x 1920 pixel) lengkap dengan LED flash tersemat di bagian belakang bodi. Pada bagian depan juga tersemat kamera sekunder sebesar 1.3 MP. Kamera Andormax I3 memiliki beberapa fitur dan pilihan untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Selain itu, Anda juga bisa merekam video berkualitas HD.

Smartfren telah membenamkan fitur terbaru, yaitu Dolby Digital Plus yang merupakan teknologi untuk menghasilkan output suara yang jernih dan mengagumkan.

Konektifitas

Perangkat ini memiliki kemampuan dual-on CDMA-GSM. Untuk akses data dapat berjalan di jalur EVDO Rev A, sementara sambungan data via GSM hanya dapat digunakkan pada jaringan GPRS saja. Konektifitas lainnya juga terbilang lengkap seperti WiFi, Bluetooth, dan microUSB yang bisa digunakan untuk berbagi data atau berbagi konektifitas dengan perangkat lain via tethering.

Hardware, Prosesor dan OS

Andromax I3 menggunakan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB sebagai dapur pacu. Grafisnya pun didukung oleh GPU Adreno 302. Untuk sistem operasi, perangkat ini masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean. Kapasitas internal storage miliknya sebesar 4 GB yang bisa diekspansi dengan memori eksternal microSD mencapai 32 GB. Untuk menunjang daya tahannya, tersemat baterai Li-Ion dengan kapasitas 2000 mAh.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 1,5 jutaan, Andromax I3 layak untuk menjadi pilihan. Selain harganya yang terjangkau, perangkat ini juga memiliki performa yang mumpuni dengan layar yang luas. Sayangnya konektifitas pada mode GSM hanya menjangkau jalur GPRS saja. Hal ini wajar mengingat Smartfren adalah brand CDMA papan atas dan pastinya menyuguhkan layanan data miliknya sebagai pilihan utama. Kekurangan lainnya dalah OS yang masih menggunakan Jelly Bean. Namun demikian, pengalaman lewat OS Jelly Bean yang ditawarkan terbilang sudah sangat baik.

About the author /


Related Articles

Post your comments