Review: Xiomi Redmi, Ponsel Low Entry Dengan Prosesor Quad-Core

CiriCara TeknoSaat ini, ponsel asal Tiongkok tidak bisa dipandang remeh. Setelah beberapa vendor seperti Lenovo atau Oppo yang telah bersaing dengan brand papan atas, kali ini giliran Xiaomi yang unjuk gigi dan keluar kandang. Singapura dan Malaysia pun dipilih sebagai pasar pertama.

Salah satu produk yang menjadi andalannya adalah Xiaomi Redmi. Ponsel low entry ini memiliki segudang fitur dengan prosesor empat inti dan dibanderol murah. Antusiasme terhadap produk ini juga cukup besar meski belum resmi dipasarkan di Indonesia. Lalu, apakah Redmi akan segera hadir untuk memuaskan pengguna di tanah air? Sambil menunggu kelanjutannya, tak ada salahnya kita mengulas produk ini.

Desain

Xiaomi Redmi mengusung konsep desain rectangular atau persegi panjang yang dibalut material plastik. Dimensinya berukuran 137 x 69 x 9.9 mm dengan berat 158 gram. Pada sisi kanan bodi terdapat tombol power dan tombol pengatur volume. Di bagian atas tersemat port audio 3.5mm serta port microUSb di bagian bawah ponsel. Backcover Redmi berwarna hitam dan mudah meninggalkan kotoran. Namun Xiaomi juga menyediakan backcover berwarna cerah dalam paket penjualan.

Display dan UI

Ponsel ini menggunakan layar IPS capacitive touchscreen seluas 4.7 inchi beresolusi (720 x 1280 pixel) dengan kepadatan pixel mencapai 312 ppi serta ketajaman 16 juta warna. Layar Redmi dapat merespon hingga 10 titk sentuh serta dilengkapi ambient light dan fitur auto brightness. Xiaomi juga menambahkan fitur Prevent Pocket Dial, dimana layar akan terkunci guna mencegah ponsel melakukan panggilan saat ponsel dimasukkan ke dalam saku.

Redmi menggunakan launcher MIUI sebagai tampilan antarmuka. Pada lockscreen, pengguna dapat memilih empat shortcut untuk masuk ke homescreen, kamera, telepon atau SMS. MIUI berbeda dari UI Android standar karena tidak memiliki apps drawer. Ada juga fitur Lite Mode untuk pengguna anak atau orang berusia lanjut yang menyajikan tampilan menu dalam kategori yang bisa ditambah atau dikurangi serta mengatur ukuran font untuk memudahkan pengguna.

Kamera dan Video

Kamera Redmi menggunakan sensor beresolusi 8 MP (3264 x 2448 pixel) yang dilengkapi LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus dan face detection. Kamera utama juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video beresolusi full HD (1080p@30fps). Di bagian muka terdapat kamera sekunder sebesar 2 MP yang juga dapat merekam video dengan resolusi 720p@30fps.

Multimedia dan Fitur Unggulan

Redmi dibekali dengan fitur multimedia standar seperti audio dan video player. Ponsel ini juga memiliki fitur pemutar musik bawaan dan Google Play Music. Pemutar musiknya dibekali dengan teknologi Audio Dirac yang merupakan teknologi pada mobil mewah seperti BMW, Bentley dan Rolls Royce. Suara yang dihasilkan pun lebih merdu dan jernih.

Pengguna dapat mendengarkan efek suara dan equalizer dengan mencolokkan earset terlebih dulu. Saat earset terpasang, Anda juga dapat mendengarkan siaran Radio FM. Sayangnya Xiaomi tidak menyertakan earset dalam paket penjualan.

Redmi juga dipersenjatai dengan fitur keamanan yang lengkap. Diantaranya adalah Cleaner untuk meningkatkan performa perangkat dengan cara memindai file sampah atau cache memory yang tertinggal dan Blocklist untuk memblokir panggilan dan pesan masuk dari nomor yang tidak dikehendaki. Masih ada fitur Power untuk mengatur mode baterai dan memperpanjang usianya, Virus Scan untuk memindai dan menyingkirkan malware yang menginfeksi perangkat, dan App Permision untuk mengetahui daftar aplikasi apa saja yang mengakses konten.

Internet dan Konektifitas

Seperti ponsel Tiongkok lainnya, Xiaomi Redmi mendukung kapabilitas dual SIM dimana pada SIM pertama pengguna bisa mengakses data lewat jalur 3G HSDPA. Sementara SIM kedua hanya mampu berjalan di jaringan GPRS. Pada browser bawaan, pengguna dapat membuka 16 halaman untuk multitab. Tersedia juga alternatif konektifitas selain jalur data seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Hardware, Prosesor dan OS

Redmi menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean sebagai sistem operasinya. Selain itu, dapur pacunya juga dipersenjatai dengan chipset MTK 6592 dan prosesor Quad-core berkecepatan 1.5 GHz dan RAM sebesar 1 GB. Internal storage sebesar 4 GB dengan 800 MB bisa digunakan oleh user. Untuk pasokan daya, Xiaomi menyertakan baterai Li-Ion berkapasitas 2000 mAh.

Kesimpulan

Sebagai ponsel low-entry, Xiaomi Redmi memiliki beragam keunggulan seperti dual SIM GSM-GSM, prosesor mumpuni untuk ponsel sekelasnya, tampilan UI yang lebih fresh serta kamera beresolusi besar. Namun desain ponsel terbilang standar, ditambah dengan tidak adanya earset pada paket penjualan.

About the author /


Related Articles

Post your comments