Tips Agar Harddisk Tetap Awet Dan Terhindar Dari Bad Sector

mid-HardDisk1.ogg

CiriCara TeknoJika Anda menggunakan perangkat komputer dan menyimpan berbagai file penting didalamnya, menjaga harddisk agar tetap awet dan terhindar dari bad sector sangatlah diperlukan. HDD (harddisk drive) adalah tempat penyimpanan berbagai data, apabila rusak tentu akan mengakibatkan file tidak terbaca bahkan hilang. Selain itu, proses booting sistem operasi pun tidak berjalan lancar. Hal ini terjadi karena sektor di dalamnya mengalami kerusakan atau bad sector.

Bad sector sendiri sering terjadi pada HDD dalam keadaan tidak terduga. Jadi meskipun harddisk masih baru bukan tidak mungkin akan mengalami bad sector. Lantas, bagaimana cara melindungi harddisk agar tetap awet dan terhindar dari bad sector? Berikut tipsnya.

Matikan komputer dengan benar

HDD rusak bisa disebabkan karena mematikan komputer secara sembarangan, seperti menekan tombol power pada laptop atau mencabut kabel dari steker pada desktop. Hal inilah yang menyebabkan bad sector karena pemutusan arus secar tiba-tiba yang merusak sistem di dalam HDD. Karena itu, matikan komputer dengan fitur shut down.

Lakukan defragment

Banyak pengguna komputer seringkali menyepelekan defragment. Padahal defragmentasi HDD perlu dilakukan untuk merapikan data yang tersimpan pada blok-blok HDD. Bila tidak melakukan proses ini, maka kinerja komputer akan menjadi lamban dan mengakibatkan bad sector.

Gunakan antivirus

Agar HDD tetap awet, jangan lupa berikan proteksi pada perangkat komputer dengan menggunakan antivirus. Sifat virus yang beragam dapat merusak sistem operasi dan menyebabkan harddisk mengalami bad sector. Jika dibiarkan, maka harddisk akan cepat rusak.

Jaga suhu harddisk

Kondisi suhu HDD yang terlalu panas bisa menyebabakan bad sector. Karena itu jaga suhu harddisk dengan mengecek pengaturan kipas pada casing atau menggunakan cooling pad agar suhu harddisk tetap terjaga. Suhu harddisk yang lembab juga bisa mengakibatkan bad sector akibat komputer yang jarang digunakan dan menimbulkan jamur di piringan harddisk yang tentu dapat merusaknya.

Jauhi dari perangkat elektronik

Bad sector bisa terjadi karena medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat eletronik lainnya. Ini karena di dalam HDD juga terdapat medan magnet yang cukup tinggi. Karena itu, jauhilah HDD dari perangkat dengan medan elektromagnetik tinggi seperti ponsel, TV atau speaker aktif.

Hindari goncangan

Goncangan atau benturan keras tentu bisa menyebabkan kerusakan. Karena itu, hindari komputer dari kemungkinan terhantam benda keras atau terjatuh dari ketinggian. Kondisi ini tentu akan merusak perangkat keras didalamnya seperti HDD.

Ganti baru

Fakor usia memang tidak bisa membohongi kondisi hardware. HDD yang sudah berusia lebih dari lima tahun dan sering mengalami bad sector tentunya akan mengalami penurunan kinerja sehingga kerusakan seperti bad sector maupun secara fisik lumrah terjadi. Menggantinya dengan HDD baru pun menjadi satu-satunya pilihan.

About the author /


Post your comments