Tips Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

CiriCara Tekno – Smartphone atau ponsel cerdas memang menjadi era HP/telepon genggam saat ini. Namun dibandingkan HP konvensional, kinerja Smartphone jauh lebih berat karena bukan hanya untuk sekedar SMS atau telepon, tetapi juga untuk mengecek email, chating, browsing atau bermain game HD.

Hal ini tentu akan menggerus kinerja baterai sehingga menjadi cepat boros. Banyak orang mengakalinya dengan menggunakan powerbank sambil tetap digunakan, padahal ini akan semakin mengurangi usia baterai jika dilakukan secara terus menerus.

Agar baterai tetap awet, diperlukan perawatan yang tepat baik dalam pemakaian maupun saat di-charge sehingga kinerjanya tetap optimal. Berikut tipsnya.

Hindari tempat yang panas

Sangat penting untuk menjaga suhu baterai agar tetap dingin. Maka dari itu, jangan sekali-kali meninggalkan HP di tempat yang memiliki suhu panas, seperti d bawah paparan sinar matahari. Baterai smartphone tidak didesain untuk tahan di cuaca panas, apalagi ketika sedang digunakan untuk mengunduh atau dicharge sehingga mengakibatkan kerusakan pada baterai.

Jangan charge semalaman

Melakukan charge semalaman sampai baterai benar-benar full justru akan memperpendek usia pemakaian baterai. Dengan metode ini, baterai akan cepat rusak karena terjadi kebocoran, menggembung bahkan bisa meledak. Isilah daya baterai sesuai dengan durasinya dan cabut ketika baterai sudah penuh.

Charge di media yang tepat

Yang dimaksud adalah, usahakan untuk mencharge HP langsung dari soket listrik. Hal ini dikarenakan arus listrik lebih stabil sehingga proses pengisian daya lebih optimal. Hindari melakukan pengisian daya melalui USB komputer/laptop, charge di mobil atau dengan powerbank karena itu hanyalah pengisian yang bersifat ’emergency’.

Jangan tunggu baterai sampai benar-benar habis

Smartphone yang sedang kehabisan daya akan melakukan penyesuaian secara otomatis seperti tingkat kecerahan yang berkurang dan mematikan beberapa konektifitas dan aplikasi yang tidak diperlukan. Sebaiknya charge HP saat daya tersisa 10%-30%. Jangan tunggu baterai hingga habis total atau sampai smartphone mati karena dapat merusak baterai.

Matikan HP atau gunakan flight mode

HP yang dicharge namun sambil dinyalakan atau tetap menggunakan jalur konektifitas akan memperpendek usia baterai. Hal ini dikarenakan selain dilakukan input daya, HP juga melakukan output daya untuk menangkap sinyal. Matikan HP untuk menjaga kinerja baterai atau gunakan ‘flight mode’ yang bisa mempercepat waktu pengisian.

Selalu gunakan charger original

Jangan sekali-kali mencharge ponsel dengan charger ‘abal-abal’ atau non-original. Meski colokannya sama, namun arus daya dan voltase yang dihasilkan pada masing-masing charger berbeda. Hal ini akan membuat pengiriman daya menjadi tidak normal sehingga mengakibatkan kerusakan internal pada baterai dan charger. Hal yang sama juga berlaku pada charger yang berbeda merek meski sama-sama original dan memiliki port/colokan yang sama.

About the author /


Post your comments