Tips Menjaga Layar LCD Agar Tetap Awet

CiriCara TeknoPerangkat mobile seperti smartphone, phablet atau tablet saat ini memang memiliki satu kesamaan, yaitu layar full touchscreen yang lebar dan minm tombol fisik. Ini membuat hampir semua pengoperasiannya dilakukan lewat layar.

Namun, layar LCD adalah komponen yang paling rentan rusak. Meski memiliki sertifikasi tahan guncangan atau benturan serta dilapisi teknologi layar pelindung terbaik, tetap saja kemungkinan layar pecah atau rusak masih ada. Karena itu, menjaga layar agar tetap awet sangatlah diperlukan.

Berikut adalah tips untuk meminimalisir risiko kerusakan pada layar dan membuatnya tetap awet.

Gunakan stylus atau jari

Banyak pengguna perangkat mobile yang menggunakan alat-alat seperti tongkat, sapu tangan bahkan pisau untuk menyentuh layar. Padahal layar ponsel hanya dibuat untuk diakses oleh tangan atau stylus. Menggunakan alat lain hanya memperbesar tingkat goresan pada layar.

Gunakan pelindung atau casing tertutup

Screen protector saja tidaklah cukup untuk menjaga layar dari risiko mengalami goresan, retak ataupun pecah. Karena itu sebaiknya gunakan flip cover atau casing tertutup yang banyak dijual di pasaran. Selain untuk melindungi layar, flip cover juga melindungi bodi ponsel secara keseluruhan.

Jauhkan dari sinar matahari

Menggunakan perangkat mobile di ruangan terbuka (otdoor) memang sah-sah saja, bahkan ada teknologi yang membuat layar LCD tetap tajam meski di bawah sinar matahari langsung. Namun sebaiknya jangan berlama-lama karena hal itu dapat mengurangi kualitas bahkan merusak layar LCD.

Hindari Burn-In

Burn-In adalah berkurangnya kualitas warna dan intensitas komponen cahaya karena layar gadget dibiarkan terus menyala tanpa aktifitas apapun dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya nonaktifkan layar ketika tidak sedang digunakan atau atur waktu agar layar dapat non-aktif secara otomatis jika tidak digunakan dalam beberapa menit.

Hindari benturan

Meski perangkat yang Anda miliki tahan benturan atau guncangan. Disarankan untuk tidak sering-sering menjatuhkan atau membenturkannya. Selain dapat membuat layar retak atau pecah, komponen atau hardware didalamnya juga bisa mengalami kerusakan.

Gunakan kain khusus

Layar merupakan komponen paling sensitif dan tidak bisa dibersihkan dengan sembarangan seperti menggunakan kain bertekstur kasar atau tisu. Gunakan kain microfiber yang memang diciptakan khusus untuk membersihkan layar perangkat mobile. Bla perlu, tambahkan pelembab atau pembersih cairan khusus saat membersihkannya.

About the author /


Related Articles

Post your comments