3 Faktor Penyebab Video Youtube Buffering

youtube

CiriCara Tekno – Youtube adalah layanan streaming video gratis yang bisa ditonton oleh banyak orang. Namun yang menjengkelkan adalah ketika sedang menonton video kita harus menunggu cukup lama karena bufffering. Bahkan selain buffering yang memakan waktu, terkadanag kualitas video yang ditampilkan juga tidak maksimal. Tentu saja ini bukan salah Youtube maupun Googe sebagai pemiliknya.

Lamanya buffering serta rendahnya level kualitas video bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengguna atau layanan Internet Service Provider (ISP). Ingin tahu lebih jelas? Simak ulasannya.

Paket Data

Jika Anda menggunakan internet dengan paket data yang dibatasi atau kuota internet, tentu hal ini akan berpengaruh pada kualitas video yang sedang ditonton di Youtube. Paket data yang sudah menipis akan sangat sulit menerima data dengan kapasitas besar. Selain itu, semakin besar perangkat yang digunakan (desktop, laptop, tablet), semakin banyak pula data yang dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan buffering video menjadi lebih lama dan kualitas video yang ditampilkan juga rendah.

Layanan ISP

Jaringan streaming melalui layanan ISP juga menjadi faktor lama atau tidaknya buffering video. ISP memegang peran utama dalam mengatur seberapa cepat data video dari server pusat ke perangkat pengguna. Selain masalah kecepatan, kualitas video yang dikirimkan juga tergantung kepada pihak ISP sebagai penyalur layanan internet.

Karena itu, sebaiknya pilihlah ISP yang memiliki layanan terbaik untuk streaming video sehingga dapat mengirimkan data dengan kualitas terbaik serta waktu buffering yang cukup pendek.

Jumlah Penonton

Faktor ketiga penyebab streaming video membutuhkan waktu buffering yang cukup lama serta kualitasnya yang rendah dikarenakan jumlah penonton. Banyaknya jumlah pengguna yang menonton satu video yang dikehendaki dalam waktu bersamaan tentu mengakibatkan buffering yang cukup lama. Apalagi jika video tersebut sedang happening atau populer di masyarakat.

Karena video-video di Youtube bersifat gratis dan bisa ditonton oleh banyak orang, maka tidak ada pengaturan lamanya waktu buffering atau kualitas suatu video. Para pengguna pun hanya bisa pasrah menunggu hasil kiriman video yang ingin ditontonnya.

About the author /


Related Articles

Post your comments