4 Keunggulan Browser Opera Desktop

CiriCara Tekno – Browser Opera memang lebih dikenal di ruang lingkup mobile untuk browsing lewat ponsel. Padahal browser Opera desktop tidak kalah bagus dan memiliki kelebihan dan keunikan sendiri. Browser ini sangat cepat, responsif dan memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh browser lain.

Jika Anda merupakan pengguna setia Opera untuk melakukan browsing atau tertarik untuk menggunakannya saat mengakses internet, sebaiknya baca dulu 4 keunggulannya di bawah ini.

Speed Dial

Opera merupakan salah satu dari browser pertama yang mendukung fitur ini. Meski kini sudah banyak browser lain yang menggunakan fitur Speed Dial, namun Speed Dial di browser desktop Opera memiliki keunggulan karena dapat dikustomisasi. Disini Anda bisa mengubah jumlah kolom pada halaman, tingkat besarnya, atau mengatur background halaman agar terlihat lebih unik. Speed Dial juga merupakan homepage paling bagus dalam browser apapun dan Opera telah lama berpengalaman dengan hal ini.

Pengaturan dan Penempatan Tab

Jika Anda pengguna single monitor, Anda bisa melakukan dua hal sekaligus dalam dua window yang berbeda. Dengan klik kanan pada bar judul dan mengarahkan mouse ke menu Arrange akan memperluas beberapa cara berbeda yang bisa diatur pada tab yang terbuka. Dengan begitu Anda bisa melakukan dua aktifitas sekaligus, misalnya menonton video YouTube dan melakukan pekerjaan di jendela satunya lagi.

Opera juga memiliki kemampuan mengubah penempatan bar tab sepenuhnya, atas, bawah, kiri atau kanan sesuai keinginan pengguna. Menempatkan tab ke sisi kiri atau kanan akan menampilkan tab dalam tampilan thumbnail yang lebih menarik.

Stacking Tab

Fitur ini mirip dengan pin tab pada browser Firefox. Namun pada Opera, fitur ini sudah hadir langsung dalam browser sehingga Anda tak perlu mencari add-on atau ekstensinya. Fitur menumpuk tab di browser Opera ini menetapkan parent tab untuk tab tambahan dimana Anda akan melihat beberapa tab akan ditumpuk. Tab utama berada di paling kiri, sementara tab setelahnya bisa ditumpuk untuk di-stacked atau unstacked kembali.

Stacking Tab adalah penyimpan ruang yang baik saat mengakses situs yang mengharuskan Anda untuk memiliki beberapa tab yang berbeda untuk dibuka. Menyusun tab-tab tersebut dalam satu tumpukan akan memudahkan navigasi dan menikmati situs tanpa mengorbankan seluruh tumpukan di bar tab.

Opera Turbo

Meski fitur ini hanya membantu minoritas kecil pengguna, namun inilah yang menjadi kelebihan browser Opera dibanding browser lain. Opera Turbo hanya menurunkan kualitas gambar pada setiap situs. Anda dapat memuat ulang halaman dalam kualitas penuh dengan mengklik kanan pada gambar. Opera Turbo juga bisa dinyalakan atau dimatikan sesuai keinginan pengguna jika tidak diperlukan.

About the author /


Related Articles

Post your comments