4 Tips Mencegah Gangguan Kulit di Wajah Akibat Smartphone

CiriCara Tekno – Meski belum ada bukti resmi yang menyatakan bahwa smartphone dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti jerawat bahkan kanker, namun tak ada salahnya kita berjaga-jaga akan kemungkinan tersebut. Apalagi smartphone merupakan benda yang selalu digunakan manusia dan memiliki tingkat ‘kejorokan’ yang tinggi. Selain karena sering didekatkan di wajah untuk menerima panggilan telepon, radiasi smartphone juga menjadi salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu, melakukan tindakan preventif untuk mencegah kemungkinan terkena gangguan kesehatan kulit wajah perlu dilakukan. Berikut tipsnya:

Gunakan headset

Aksesori ini bukan hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja, melainkan juga sebagai sarana komunikasi. Menerima panggilan telepon via headset akan meminimalisir timbulnya masalah-masalah kulit wajah. Selain itu, cobalah lebih banyak melakukan komunikasi via texting seperti SMS atau chat ketimbang berlama-lama lewat panggilan telepon.

Bersihkan muka

Bila Anda tidak membawa atau memiliki headset, ketika menerima panggilan telepon atau berkomunikasi otomatis kita akan langsung menempelkan perangkat mobile tersebut ke telinga. Karena itu sebaiknya langsung cuci muka secara langsung maksimal 15 menit setelah melakukan aktifitas komunikasi via ponsel. Cara ini juga dapat membantu membersihkan kotoran dari smartphone yang menempel di muka.

Bersihkan tangan

Jangan lupa, kotoran dan kuman yang menempel pada smartphone bisa jadi berasal dari telapak tangan kita dan tanpa kita sadari. Karena itu sering-seringlah mencuci tangan atau membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan perangkat dan menempelkannya ke wajah. Kuman yang hinggap di dalam perangkat juga bisa menimbukan beberapa gangguan kesehatan yang menyerang kulit wajah.

Bersihkan perangkat

Walaupun akhirnya terbukti smartphone tidak dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti iritasi, jerawat atau kanker kulit, namun tentunya akan sangat jorok sekali jika perangkat yang kita gunakan tidak pernah dibersihkan dan selalu terlihat kotor.

Membersihkan perangkat mobile pun sebenarnya gampang-gampang susah. Apalagi ada beberapa bagian diantaranya yang sensitif terhadap bahan kimia seperti alkohol. Karena itu, sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung bahan-bahan khusus dan kompatibel dengan perangkat elektronik agar tidak merusak ponsel.

About the author /


Related Articles

Post your comments