5 Akuisisi Apple Untuk Memaksimalkan iDevice

apple

CiriCara Tekno – Akuisisi sepertinya sudah menjadi hal lumrah dalam industri teknologi saat ini. Jika sebelumnya kita mengenal Youtube yang diakuisisi Google atau WhatsApp yang dibeli oleh Facebook, baru-baru ini Apple juga mengakuisisi Beats dengan harga yang terbilang tinggi. Tujuan utama akuisisi adalah demi pengembangan bisnis dan peningkatan kualitas produk.

Khusus untuk Apple, sebenarnya perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini sudah banyak mengakuisisi perusahaan lain demi mengembangkan produk andalannya (iDevice) seperti iPhone, iPad, iPod atau MacBook. Bahkan perusahaan dengan berbagai lini bisnis itu dibeli oleh Apple dengan harga fantastis. Apa saja perusahaan yang sudah dalam genggaman Apple? Berikut diantaranya.

Anobit

Perusahaan asal Israel ini bergerak di bidang flash memory. Apple pun tertarik mengakuisisinya karena teknologi Anobit dapat meningkatkan volume memori dan performa kecepatan perangkat-perangkatnya. Flash memory kini menjadi teknologi penting bagi Apple karena produk-produknya telah meninggalkan hard drive selama beberapa tahun terakhir.

Produk seperti MacBook Air, iPhone, iPod dan iPad telah ditanamkan oleh chip memori flash sehingga menjadikan ukuran perangkat tersebut sangat tipis. Apple resmi membeli Anobit dengan harga USD 20 juta pada 20 Desember 2011.

AuthenTec

Perusahaan yang berfokus pada bidang keamanan komputer ini resmi dibeli oleh Apple Inc pada 27 Juli 2012 dengan harga USD 356 juta. AuthenTec menyediakan perangkat lunak keamanan seperti sensor sidik jari dan NFC pada perangkat mobile. Sebelumnya AuthenTec telah didekati oleh perusahaan lain seperti HP, Lenovo, Motorola, LG, Nokia, Cisco, Sky, Fujitsu dan Samsung. Namun akuisisi akhirnya jatuh ke tangan Apple yang memberikan penawaran tertinggi setelah melakukan negosiasi selama hampir 1,5 tahun.

PrimeSense

Perusahaan teknologi sensor gerak 3D asal Israel ini akhirnya resmi bergabung dengan Apple pada 24 November 2013 dengan nilai USD 345 juta. Ketertarikan Apple pada perusahaan ini berawal dari sensor Xbox Kinect yang dikembangkan oleh PrimeSense sehingga dapat melihat detak jantung dari para pemain.

Teknologi PrimeSense pun digadang-gadang sebagai aset terbesar yang dimiliki oleh Apple untuk ditanamkan pada produk lainnya seperti Apple TV. Namun ada juga spekulasi yang menyebut bahwa Apple membeli PrimeSense sebagai langkah defensif karena Kinect berpotensi tinggi menjadi pemimpin pasar platform sensor gerak.

P.A. Semi

Perusahaan chip prosesor asal AS ini diakuisisi oleh Apple seharga USD 278 juta pada April 2008. Keputusan Apple membeli P.A. Semi terkait performa ponsel andalannya (iPhone) agar terlihat berbeda dibanding ponsel kompetitor.

Apple telah menolak chip rendah daya buatan Intel (Intel Atom) dan lebih memilih menggunakan chip buatan P.A. Semi. Ini berimbas pada suksesnya penjualan iPhone karena performa chip prosesor yang cepat dan stabil sehingga memberikan kepuasan yang lebih baik kepada konsumen.

Beats

Keputusan Apple mengakuisisi Beats Electronics dengan harga selangit menimbulkan banyak pro dan kontra. Dengan nilai USD 3 miliar, tentu membuat akuisisi ini seperti perjudian atau panic buying.

Turunnya penjualan lagu di iTunes mungkin menjadi alasan utama Apple membeli Beats. Apalagi Beats cukup sukses di industri musik dunia dan layanan streaming musik saat ini sedang populer. Beats Music pun diharapkan menjadi layanan streaming yang diminati karena industri teknologi sedang menuju ke arah layanan streaming, bukan lagi download digital.

About the author /


Related Articles

Post your comments