6 Fitur Baru OS X Yosemite

Mac-OSX-Yosemite

CiriCara Tekno – Selain memperkenalkan iOS 8, Apple juga meluncurkan sistem operasi terbaru untuk komputer Mac yang diberi nama OS X Yosemite dalam gelaran Worldwide Developer Center (WWDC) 2014 beberapa waktu lalu. OS yang namanya diambil dari kawasan alam di Amerika ini diklaim memiliki banyak pengembangan dan perbaikan dengan berbagai fitur baru untuk memudahkan pengguna. Beberapa fitur tersebut ada juga yang merupakan fitur lama namun diberi sedikit ‘sentuhan’ pengembangan.

Apa saja fitur-fitur yang disematkan Apple untuk mempersenjatai MacBook miliknya tersebut? Setidaknya ada 6 fitur baru dari sistem operasi OS X 10.0 ini.

Tampilan Baru

Perubahan revolusioner terjadi pada sisi interface. Tampilan yang terkesan ‘flat’ seperti pada OS X sebelumnya mulai dikikis. Yosemite hadir dengan panel translucent yang dominan. Gradien dan tekstur desain skeuomorphism kini diganti dengan desain bergaya iOS.

Widget dan Notifikasi

Pada OS X Mountain Lion, terdapat Sidebar Notification Center. Fitur ini pun bisa dikatakan hampir serupa dengan iOS, termasuk pada tampilan “Today” yang menunjukkan agenda dari kalender, pengingat, dan lain-lain. Tak hanya itu, Apple kini juga membuka area notifikasi untuk aplikasi widget dari pihak ketiga.

Spotlight

Fitur Spotlight ada OS X Yosemite kini berpindah posisinya ke tengah layar. Fungsinya pun kini bukan hanya sekedar kotak pencarian kecil tetapi meluas menjadi shortcut untuk mengakses aplikasi dan dokumen dalam hardisk dan bahkan untuk pencarian di wikipedia, pesan e-mail, daftar kontak dan lain-lain.

Safari

Browser bawaan OS X ini mengalami perubahan baik dari segi tampilan maupun fungsi. Pada Address Bar Safari kini dapat menampilkan saran sesuai dengan ketikan pengguna. Saran ini bukan hanya berdasarkan sejarah (history) browsing, tetapi juga pencarian Google atau artikel Wikipedia yang terkait. Tak hanya itu, Safari juga memiliki Tab View untuk melihat semua Tab yang sedang dibuka.

Mail

Mail pada OS ini memiliki fitur Markup dimana pengguna dapat mencorat-coret attachment dengan tulisan, tempelan teks, gambar, bahkan tanda tangan untuk dokumen digital. Selain itu, tersedia juga MailDrop untuk mengirimkan file berukuran besar via iCloud

iCloud Drive

Layanan berbasis cloud seperti Dropbox dan Google Drive memang tengah populer. Apple pun memiliki fitur serupa bernama iCloud Drive yang memungkinkan pengguna menyimpan file dalam cloud. File yang disimpan di iCloud Drive juga bisa diakses dari Windows, selain Mac dan iOS tentunya.

About the author /


Related Articles

Post your comments