6 Ponsel Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

CiiriCara Tekno – Banyak orang menggunakan smartphone atau ponsel pintar tapi tidak mengetahui tingkat radiasi dari perangkat tersebut. Tingkat radiasi atau Specific Absorption Rate (SAR) maksimum suatu ponsel harus di bawah 1,6 watt/kg.

Namun, ponsel dengan tingkat radiasi tertinggi melebihi batasan SAR bukan berarti bahwa ponsel tersebut berbahaya. Sebaliknya, ponsel dengan SAR rendah juga tidak bisa dibilang lebih aman. Meski banyak penelitian yang menyebutkan bahwa frekuensi radio ponsel yang dipancarkan dapat menyebabkan risiko terkena kanker, namun banyak juga yang tidak setuju dan penelitian masih terus dilakukan hingga saat ini.

Berikut ini adalah daftar beberapa smartphone dengan tingkat radiasi atau SAR tertinggi yang diukur dengan meletakkan ponsel di sebelah telinga. Patut diingat, daftar ini bersifat informatif dan keputusan tetap ada di tangan Anda untuk memilih ponsel yang diinginkan.

Motorola Droid Maxx

Dirilis pada Agustus tahun lalu dan diklaim sebagai smartphone dengan daya tahan baterai yang kuat dan tahan lama. OS yang digunakan adalah Android Jelly Bean dan mengandalkan prosesor Snapdrgaon S4 Pro sebagai dapur pacu. Tingkat SAR 1:54.

Motorola Droid Ultra

Smartphone ini dirilis bersama dengan Maxx. Densain, fitur dan spesifikasi Droid Ultra juga hampir serupa dengan Droid Maxx. Ponsel ini memiliki tingkat SAR 1:54.

Motorola Moto E

Ponsel ini memang dibanderol dengan harga terjangkau serta memiliki fitur dan spesifikasi untuk membantu pengguna dalam kesehariannya. Moto E memiliki tingkat radiasi 1:5.

Huawei Vitria

Dengan banderol sekitar USD 99.96, Huawei Vitria menjadi ponsel Android berjaringan LTE dengan banderol murah. Smartphone ini memiliki tingak SAR 1:49.

Nokia Asha 503

Ponsel ini terseda dalam pilihan single-SIM dan dual-SIM dengan desain mungil, layar QVGA 3 inci dilapisi Corning Gorilla Glass. Nokia Asha 503 yang juga dibenderol terjangkau ini memiliki rasio radiasi 1:43.

Blackberry Z30

Resmi diluncurkan pada November silam, Blackberry Z30 yang memiliki tingkat rasio SAR 1:41 ini memiliki desain yang bongsor dan layar dengan bentang diagonal seluas 5 inci. OS yang digunakan adalah BB10. Banderolnya mencapai Rp 7 jutaan.

About the author /


Related Articles

Post your comments