Apple Luncurkan iOS 8, Apa Saja Keunggulannya?

CiriCara Tekno – Dalam ajang World Wide Developer Confrence (WWDC) 2014 yang dihelat di San Fransisco baru-baru ini, Apple mengumumkan update terbaru sistem operasinya yang diberi nama iOS 8. OS terbaru ini merupakan penerus dan penyempurnaan dari iOS 7. sejumlah fitur pun ditambahkan demi memaksimalkan iDevice sehingga para pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Apple sendiri merencanakan akan merilis iOS 8 ke pasaran pada musim gugur tahun ini.

Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan iOS 8 dan menjadi keunggulan sistem operasi andalan Apple ini? Berikut diantaranya.

Notification Center

Apple banyak menambahkan fungsionalitas pada Notification Center dengan lebih interaktif. Misalnya merespon pesan teks atau notifikasi di Facebook langsung lewat notifikasi yang muncul meski perangkat dalam keadaan lockscreen. Pengguna juga bisa me-Like sesuatu di Facebook atau menawar barang di eBay tanpa harus membuka aplikasi. Layaknya Android, segala informasi di Notification Center juga bisa diutak-atik melalui fitur Widget.

Quick Type

iOS 8 memiliki fitur Quick Type, yaitu papan ketik virtual di perangkat seperti iPad dan iPhone yang dapat digunakan untuk penulisan cepat. Fitur ini juga dapat memprediksi apa yang akan ditulis oleh pengguna berdasarkan hasil ‘rekaman’ di masa lalu. Tak hanya itu, pengguna juga dapat meginstal aplikasi dari pihak ketiga untuk mengkustomisasi tampilan keyboard pada perangkat.

Spotlight

Jika sebelumnya Spotlight hanya terdapat pada perangkat MacBook dengan OS X miliknya. Kini Apple menambahakan fitur serupa dengan fungsi sebagai pencari data (search). Pada iOS 8, pencarian lewat Spotlight pun bukan hanya aplikasi atau data tetapi mencakup film, lagu dan aplikasi yang belum dimiliki pengguna tetapi tersedia di iTunes, internet dan Maps.

iMessage

Apple serius menggarap layanan message miliknya sendiri (iMessage) dengan tambahan fitur baru seperti membuat grup, menautkan pesan audio dan video dengan satu tombol atau membuat pesan bersifat sementara yang langsung hilang dalam beberapa waktu setelah diterima. Selain itu, pengguna juga dapat memindahkan percakapannya di iMesssage dari iPhone ke MacBook karena iOS 8 sudah terintegrasi dengan OS X Yosemite.

Photos

Aplikasi ini bisa disinkronkan dengan beberapa perangkat, termasuk saat pengguna sedang melakukan penyuntingan atau pengeditan gambar. Tak hanya itu, foto-foto tersebut juga akan disimpan secara otomasti di akun iCloud yang tersedia gratis hingga 5 GB.

HealtKit

Setelah Samsung memperkenalkan fitur kesehatan miliknya, kali ini giliran Apple yang merilis fitur serupa yang diberi nama HealthKit. Aplikasi ini dapat memonitor detak jantung, tekanan darah, berat badan serta waktu tidur pengguna. Dengan HealthKit, pengguna bisa mengontrol, mengecek dan memeriksa kesehatan pribadi seperti kadar gula darah dan lainnya.

HomeKit

Di iOS 8 ada juga HomeKit yang tak kalah menarik. Fitur ini dapat mengawasi segala hal di rumah sekaligus memberikan akses kepada pengguna untuk mengontrol lampu, kunci rumah dan kamera yang terhubung dengan iPhone atau iPad.

Family Sharing

Fitur ini memungkinkan beberapa perangkat iOS terhubung ke satu akun kredit. Family Sharing juga memungkinkan orangtua memeriksa, menyetujui atau menolak pembelian aplikasi dan In App Purchase dari anaknya selama kartu kredit yang digunakan sama. Selain itu, Family Shraing bisa digunakan untuk berbagi jadwal kalender, reminder, lokasi dan foto.

Siri

Kini, pengguna tidak perlu menyentuh perangkat untuk mengakses Siri. Cukup katakan “Hey Siri”, maka fitur asisten pribadi itu akan muncul. Siri kini juga mampu mengenali lagu yang sedang diputar di latar belakang. Sebuah pengembangan inovatif dari Apple untuk fitur khasnya tersebut.

About the author /


Related Articles

Post your comments