Cara Membedakan Windows Asli dan Bajakan

CiriCara Tekno – Jika Anda pengguna komputer PC atau laptop dengan sistem operasi berbasis Windows, maka berhati-hatilah dengan keaslian OS Windows tersebut. Saat ini peredaran software Windows bajakan memang sudah marak terjadi, dan versi ‘KW’ ini sepertinya jauh lebih diminati masyarakat. Mengapa demikian? Pertama, kualitas antara Windows asli maupun bajakan saat ini sudah tidak jauh berbeda, bahkan versi bajakan sudah dianggap setara dan menyerupai versi aslinya. Kedua, tentu saja faktor harga yang lebih murah menjadi alasan utama.

Lalu bagaimana cara membedakan antara software asli atau palsu tersebut? Meski sedikit sulit, namun Anda bisa mengecek perbedaan tersebut dengan cara-cara di bawah ini.

Stiker

Dari segi tampilan, kemasan (packing) Windows original dan bajakan nyaris serupa dan tidak ada bedanya. Namun jika diteliti lebihh jauh, pada bagian belakang kemasan pack yang asli terdapat stker dari importir resmi. Sedangkan versi ‘KW Super’ tidak memiliki stiker ini.

Hologram

Perbedaan antara software Windows bajakan dan resmi juga terdapat pada kepingan CD. Meski sudah berkualitas tinggi dan memiliki kemasan yang hampir ‘sempurna’ dengan pembakaran optimal, kepingan CD Windows bajakan belum mampu membubuhkan ‘identitas’ khusus yang hanya dimiliki oleh Windows asli berupa hologram yang menyatu dengan tepi luar dan dalam CD. Jika versi bajakan memiliki hologram, itu hanyalah sebuah stiker karena Windows palsu masih belum bisa membuat hologram langsung di kepingan.

Instalasi software

Jika toko komputer atau laptop menawarkan instalasi Windows, dapat dipastikan bahwa software tersebut adalah versi bajakan karena instalasi Windows original hanya berasal dari pabrik. Pengguna juga harus lebih kritis jika melihat penawaran instalasi Windows dengan harga yang sangat murah bahkan secara cuma-cuma. Selain itu, instalasi software di toko adalah salah satu cara peredaran Windows bajakan.

Sebagai informasi, harga Windows 7 yang saat ini banyak digunakan dan telah beredr luas berkisar antara Rp 1.150.000 – Rp 1.860.000 untuk versi original. Sedangkan versi bajakan biasanya ditawarkan dengan harga Rp 650.000 – Rp 900.000.

About the author /


Related Articles

Post your comments