Cara Memperbaiki File Word Yang Rusak

word

CiriCara Tekno – Seiring kemajuan teknologi mobile saat ini, aktifitas seperti pekerjaan bisa dilakukan dimana dan kapan saja lewat perangkat mobile. Banyak orang melakukan pekerjaannya lewat laptop, tablet bahkan smartphone miliknya. Biasanya file yang sering digunakan adalah file dalam bentuk word yang dikirim melalui email. Namun tak jarang saat menerima file tersebut terjadi kerusakan atau error pada word bahkan tidak bisa dibuka. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman dan menghambat pekerjaan kita bukan?

Agar file word yang rusak bisa kembali normal, kita bisa menanggulangi atau memperbaikinya dengan beberapa cara seperti berikut ini.

  1. Jika Anda menggunakan Microsoft Word, gunakan saja Text Recovery Converter yang merupakan fitur bawaan untuk memperbaiki file dokumen yang rusak. Caranya, klik Open → Pilih All Files → Dropdown ke bawah → Pilih Recovery from any file → Pilih File yang akan direcovery → Klik Open → Klik Next → MS Word akan menganalisa dan membuat hasil analisa error → Lalu klik Open untuk membuka file yang telah direcovery tersebut.
  2. Cara kedua adalah, tekan CTRL + O atau Open → Pilih file yang ingin direcovery → Dropdown pada tombol Open agar dialog menu muncul → kemudian pilih Open and Repair.
  3. Selain kedua cara diatas, kita bisa menggunakan cara manual. Copy file yang rusak → Ganti file extension dari DocX menjadi file .zip → ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi ekstract seperti winrar, winzip, 7zip atau power archiever dan tunggu sampai hasilnya muncul→ Setelah itu, buka dokumen hasil ekstrak → Jika file .zip masih rusak, perbaiki dengan menggunakan tools untuk mereparasi file .zip seperti Disk Internal Zip Repair, Zip Repair atau tools lainnya.
  4. Jika file word mengalami cacat saat pengiriman file, saat saving fie atau file terkena virus, gunakan saja File Repairer. Caranya, pilih file yang akan diperbaiki → Klik Next → Lalu Next lagi → aplikasi File Reapirer akan memperbaiki kerusakannya.
  5. Cara lain menggunakan aplikasi Word File Repair. Tipe file yang bisa diperbaiki sangat beragam. Mulai dari unable word document files dan this file is not recognizable.

About the author /


Post your comments