Cara Menghemat Baterai Android Dengan Benar

CiriCara Tekno – Salah satu kelebihan Android sebagai sistem operasi adalah memiliki manajeman sistem yang cukup baik. Platform ini dapat mengelola berbagai macam aplikasi yang diinstal oleh penggunannya sehingga pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi untuk mengatur aplikasi-aplikasi di dalam perangat miliknya tersebut. Namun kombinasi antar aplikasi manajemen sistem ini terkadang mengganggu kinerja perangkat dan membuat daya tahan baterai cepat habis.

Untuk menghemat baterai Android Anda sehingga tetap awet serta tidak mudah bocor atau rusak, sebenarnya Anda bisa mengkikuti beberapa tips berikut.

  • Jangan terlalu sering menggunakan Task Killer. Jangan lupa, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengatur sistem pada perangkat Android Anda.
  • Biasanya penggunaan aplikasi Task Manager sering dilakukan untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan demi menghemat baterai. Padahal cara ini sedikit berpengaruh dengan penggunaan baterai sehingga harus diminimalisir.
  • Jangan berpikir dengan mematikan layar akan membuat perangkat tampak sepert ‘beristirahat’. Ketika layar ponsel mati, bisa saja masih ada palikasi-aplikasi yang masih aktif dan berjalan sehingga membuat ponsel atau tablet menjadi terasa panas.
  • Periksa status baterai untuk mengetahui tentang penggunaan baterai demi mendukung aktifitas perangkat. Perhatikan bagian Awake dan Screen on, jika perangkat memiliki banyak waktu Awake ketimbang Screen on, maka perangkat akan terjaga dalam mode Sleep. Inilah yang disebut Wakelock yang berpengaruh langsung pada daya baterai Android Anda. Atau cara lain, gunakan aplikasi CPU monitor seperti System Monitor untuk mengetahui proses berjalannya perangkat.
  • Setelah mengetahui betapa berantakannya isi sistem pada perangkat Android Anda yang berpengaruh pada daya tahan baterai. Anda perlu menghentikan segala sistem proses yang dibutuhkan secara aman. Proses hibernasi pada Android bisa anda picu dengan menggunakan apikasi Greenify. Greenify akan mengidentifikasi berbagai aplikasi yang bermasalah baik saat ponsel aktif maupun sedang tidak berjalan. Jika perangkat Android anda sudah di-rooting, maka akses Greenify akan berjalan lebih lancar dalam mengendalikan semua aplikasi di dalam perangkat. Jika aplikasi telah rapi, maka cara menghemat baterai Android sudah Anda lakukan dengan benar.

About the author /


Related Articles

Post your comments