Compare: Sony Xperia E1 dan Samsung Galaxy Infinte

CiriCara Tekno – Samsung dan Sony merupakan dua produsen smartphone ternama yang produknya sudah dikenal luas secara global. Kedua vendor ini pun berlomba-lomba merilis ponsel terbaik, termasuk untuk kalangan menengah ke bawah. Karena itu, tak ada salahnya kita mencoba membandingkan kedua produknya yang dibanderol denga harga di bawah Rp 2 juta, yakni Sony Xperia E1 dan Samsung Galaxy Infinite.

Seperi apa fitur dan spesifikasi serta keunggulan dari dua smartphone ini? Berikut perbandingannya.

Desain

Sony Xperia E1 hadir dengan ciri khasnya yang berdesain kotak dengan dimensi 118 x 62.4 x 12 mm dengan berat 120 gram. Sementara Samsung Galaxy Infinite masih mempertahankan desain agak membulat di tiap sudutnya dengan ukuran 122.6 x 62.7 x 11.38 mm dan berat 131 gram, sedikit lebih ‘besar’ dibanding Xperia E1. Namun kedua ponsel ini tetap terasa nyaman saat digenggam, digunakan atau dibawa kemana-mana karena ukurannya yang pas serta materialnya yang terbuat dari bahan berkualitas.

Layar

Xperia E1 menggunakan layar TFT capacitive touchscreen seluas 4 inci dengan resolusi 480 x 800 pixel dan ketajaman 16 juta warna. Lapisan layar pun sudah dilindungi oleh Scratch-resistant Glass. Di sisi lain, Galaxy Infinite juga menggunakan teknologi serupa, yakni panel layar TFTF capacitive touchscreen berukuran 4 inci (480 x 800 pixel) dengan kedalaman 16 juta warna.

Kamera dan Video

Di sektor kamera, baik Xperia E1 maupun Galaxy Infinite sama-sama menggunakan kamera beresolusi 3.15 MP (2048 x 1536 pixel) yang dilengkapi berbagai fitur seperti geo-tagging, image stabilization, face and smille detection, HDR, panorama dan video recorder. Terlihat tidak ada yang istimewa atau menonjol dari fitur kamera kedua ponsel ini.

Konektifitas

Disinilah terletak perbedaan keduanya. Sony Xperia E1 hanya mendukung SIM tunggal GSM dan dapat berjalan di jalur 3G HSPA untuk akses data. Namun Samsung Galaxy Infinite yang mendukung kapabilitas dual SIM CDMA-GSM dapat menggunakan keduanya sebagai jalur konektifitas. Hanya saja jaringan GSM miliknya maksimal di jalur GPRS saja, sedangkan jariingan CDMA dapat mengakses layanan EVDO Rev. A.

Kedua ponsel ini juga sudah dibekali dengan fitur konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Hardware, Prosesor dan OS

Untuk dapur pacu, Xperia E1 telah dipersenjatai oleh chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 512 MB. OS yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean. Namun, Sony telah menjanjikan upgrade ke OS terbaru Android KitKat.

Kapasitas penyimpanan internal ponsel sebesar 4 GB dengan tambahan slot microSD hingga 32 GB. Pasokan dayanya pun ditunjang oleh baterai Li-Ion 1700 mAh.

Sementara Samsung Galaxy Infinite menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8625 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 768 MB untuk menjunjang kinerjanya. OS yang digunakan adalah Andorid 4.1 Jelly Bean. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD maksimum 32 GB. Baterai Li-Ion berkapasitas 1500 mAh juga sudah ditanamkan sebagai penunjang daya tahan.

Kesimpulan

Ditilik dari berbagai sisi, kedua smartphone ini sebenarnya memiliki fitur dan spesifikasi yang hampir serupa. Sony Xperia E1 hanya unggul di sistem operasi yang lebih anyar. Ini terbilang wajar karena ponsel ini dirilis pada kuartal pertama 2014 sehingga masih terbilang baru. Sementara Samsung Galaxy Infinite telah mendukung kapabilitas dual SIM card dengan RAM yang sedikit lebih besar. Dengan perbedaan harga yang tidak jauh, tentunya ini akan sedikit mempengaruhi keputusan calon pembeli untuk memilih mana yang terbaik.

About the author /


Related Articles

Post your comments