Keuntungan dan Kerugian Memiliki Akun Facebook Saat Ini

CiriCara Tekno – Sejak kemunculannya pada 2009 silam di tanah air, Facebook menjadi salah satu jejaring sosial yang melesat dengan cepat. Banyak orang berlomba-lomba untuk update status, tag photo atau memberikan comment pada status orang lain. Aktivasi yang mudah membuat situs ini menjadi populer dengan tampilannya yang cantik dan indah.

Meski saat ini popularitas Facebook mulai tergeser oleh Twitter, Path atau Instagram, Facebook tetap menjadi social media yang paling diminati. Jika Anda belum memiliki akun Facebook dan berencana membuatnya, sebaiknya pahami dulu plus minus memiliki akun Facebook saat ini sebelum mendaftarkan dri.

KEUNTUNGAN

Sarana komunikasi

Jumlah pengguna facebook mencapai angka milyaran di seluruh dunia. Anda pun bisa bertemu dengan kawan lama, sahabat, mantan kekasih, anggota keluarga atau kerabat yang juga memiliki akun facebook. Bahkan Facebook bukan hanya sarana komunikasi untuk orang-orang terdekat saja tetapi juga pada orang baru baik yang dekat maupun yang tinggal nun jauh di negeri seberang.

Marketing online

Menjamurnya bisnis online saat ini membuat Facebook memilik potensi besar untuk menjaring konsumen. Apalagi jumlah pengguna yang banyak dan tak terbatas pada tempat dan waktu menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Pengguna dapat memanfaatkan akun Facebook secara pribadi atau kelompok/usaha bisnis untuk melakukan marketing dan promosi secara online.

Menambah pengatahuan

Saat ini, para pengguna Facebook bisa membagi-bagikan berbagai jenis informasi yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Namun harus dipahami, tidak semua informasi yang dibagikan di Facebook memiliki manfaat, tak jarang ada yang merupakan informasi palsu atau cenderung fitnah. Pengguna harus memilah segala jenis informasi yang benar dan bermanfaat saat sedang pesbukan.

KEKURANGAN

Banyak tag foto

Karena digunakan sebagai sarana marketing, tak jarang kita mendapatkan tag foto dari akun teman yang ingin mempromosikan produk yang dipasarkannya. Namun banyak pengguna yang merasa terganggu dengan tag foto produk tersebut, apalagi jika produk yang ditawarkan bersifat negatif.

Iklan tak senonoh

Sarana pemasangan iklan di Facebook mulai mengarah pada hal-hal yang tidak senonoh. Entah dengan maksud agar user tertarik untuk meng-‘klik’ iklan tersebut atau hanya untuk spam, namun jika kita membuka Facebook ada banyak iklan dengan kata-kata yang tidak pantas digunakan di ruang publik seperti yang mirip dengan yang ada pada koran murahan.

About the author /


Related Articles

Post your comments