Langkah Mudah Untuk Masuk Safe Mode Pada Windows 8

Windows_8_Start

CiriCara Tekno – Sebagai penerus sistem operasi buatan Microsoft, Windows 8 memiliki tampilan baru dan cara pengoperasiannya yang menggunakan sentuhan. Tentu saja hal ini jauh berbeda jika dibandingkan penggunaan OS Windows 7 atau Windows XP, terlebih banyak pengguna mungkin tidak familiar dengan cara penggunaan fitur-fitur di dalamnya.

Satu hal yang berbeda dari Windows 8 adalah cara untuk masuk ke Safe Mode. Jika sebelumnya pengguna bisa mengakses safe mode dengan menekan tombol F8 pada saat booting di OS Windows sebelumnya, hal ini tidak bisa dilakukan pada Windows 8. Hal ini karena komputer yang menggunakan Windows 8 mempunyai waktu booting yang singkat sehingga pengguna tidak akan sempat menekan tombol F8. Apalagi safe mode pada Windows 8 juga butuh proses yang sedikit lebih panjang.

Lalu bagaimana cara untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8? Ada beberapa cara untuk mengakses safe mode, berikut salah satunya:

  1. Pada mode standby di perangkat Windows 8, tekan tombol Shift+Restart.
  2. Setelah itu akan muncul halaman yang memiliki tiga opsi. Pilih Troubleshoot.
  3. Setelah masuk ke opsi Troubleshoot, akan muncul tiga pilihan lagi. Pilih Options.
  4. Pengguna akan mendapatkan lebih banyak opsi. Pilih Settings.
  5. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai opsi mengganti restart Windows, di dalamnya termasuk ada pilihan untuk mengaktifkan Safe Mode. Disini, pengguna bisa memilih tombol Restart.
  6. Setelah memilih restart, akan muncul 9 opsi pilihan termasuk diantaranya dua fitur Safe Mode, Safe Mode with Networking dan Safe Mode with Comamand Prompt.
  7. Pengguna bisa memilih opsi Safe Mode sesuai keinginan. Misalnya menekan tombol F5 jika ingin safe mode saja, atau menekan tombol F6 untuk opsi Safe Mode with Networking.
  8. Setelah langkah-langkah dan proses di atas telah dilakukan, maka komputer atau tablet Windows 8 milik pengguna akan masuk ke dalam Safe Mode yang tampilannya tidak jauh berbeda dengan versi Windows sebelumnya. Jika ingin keluar dari Safe Mode, pengguna tinggal melakukan booting ulang. Setelah melakukan booting ulang, perangkat akan melakukan booting secara normal.

About the author /


Related Articles

Post your comments