Piala Dunia 2014 Dalam Sudut Pandang Teknologi

piildun 2014

CiriCara Tekno – Piala Dunia 2014 yang dihelat di Brasil memang menjadi magnet yang menarik banyak orang, khususnya para pecinta sepakbola. Tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi menyaksikan langsung pertandingan tim favorit di Brasil. Bagi yang memiliki keterbatasan dana dan waktu masih bisa menyaksikan laga Piala Dunia melalui layar televisi.

Namun kecanggihan teknologi saat ini turut memeriahkan keseruan event akbar tersebut. Piala Dunia kini bisa disaksikan lewat streaming online atau media online dan jejaring sosial. Berikut ini adalah sedikit informasi tentang Piala Dunia 2014 yang ditilik dalam sudut pandang teknologi.

Jejaring Sosial

Berdasarkan infografis dari Crowdtap, sekitar 74,2 persen pengguna jejaring sosial menikmati pertandingan sekaligus mengakses akun jejaring sosial mereka. 43,4 persen akan memposting sesuatu tentang laga yang ditonton di Facebook. 34,1 persen akan berkicau di Twitter dan 13,1 persen akan menuliskan sesuatu di blog. 47,3 persen diantaranya menuliskan tentang performa pemain atau tim favorit mereka dan 38,5 persen menuliskan musuh pemain atau tim yang dibela. Bahkan 42.1 persen memposting atau twit sesuatu yang berhubungan dengan iklan di Piala Dunia 2014.

Perangkat mobile dan komputer

Tidak mengherankan jika sebelum atau sesudah pertandingan akan ada komentar dan review terkait pertandingan yang ditonton oleh para pengguna jejaring sosial. Menurut Crowdtap, sebanyak 58,4 persen penngguna smartphone menuliskan sesuatu terkait Piala Dunia. 58,1 persen menggunakan komputer dan 37,5 persen menggunakan tablet. Untuk smartphone, pengguna akan beraktifitas di Facebook (48,2%), Twitter (39,8%), mengirimkan SMS (37,4%), chatting (18,3%) serta mengirimkan email (18,3%).

Negara

Berdasarkan infografis dari digitalindex dengan mengambil data dari Twitter mengenai negara yang sangat sering membicarakn Piala Dunia, Jepang berada di urutan teratas (37%). Di urutan kedua dan ketiga adalah Inggris (11%) dan Brasil (9%). Data tersebut menyebut 10 negara yang sering membicarakan topik yang berkaitan dengan Piala Dunia 2014. Uniknya, 9 negara itu adalah kontestan Piala Dunia dan Indonesia menjadi negara satu-satunya yang tidak ikut berpartisipasi tetapi sering men-twit-kan sesuatu mengenai Piala Dunia.

Jaringan dan Internet

Data dari Open Stand menyebut pecinta sepakbola yang menonton pertandingan Piala Dunia 2014 rata-rata menggunakan Wi-Fi (IEEE 802,11), jaringan 2G, 3G dan 4G untuk berbagi video, gambar atau informasi dalam bentuk update status. Jika pada Piala Dunia 2006 trafiknya diperkirakan mencapai 30 GB, pada Piala Dunia kali ini trafik tersebut diperkirakan akan mencapai 12.6 TB.

About the author /


Related Articles

Post your comments