Review: Acer Liquid Z5

CiriCara Tekno – Banyak cara untuk bersaing secara kompetitif di pasar smartphone, salah satunya dengan menambahkan fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh vendor lain. Acer pun melakukan strategi ini dengan merilis Liquid Z5 dengan tombol AcerRAPID yang memiliki penempatan yang unik. Salah satu fungsinya adalah sebagai tombol shutter kamera bagi yang gemar berfoto selfie. Lalu, apalagi fitur dan keunggulan smartphone yang dibanderol Rp 2 jutaan ini?

Desain

Acer Liquid Z5 mengadopsi desain unibodi dengan baterai tertanam dan akses memori dan kartu SIM dari luar. Materialnya terbuat dari bahan plastik dengan dimensi 145.5 x 73.5 x 8.8 mm dan berat 150 gram. Slot kartu SIM berada di sisi kiri. Sementara sisi kanan ponsel terdapat tombol pengatur volume dan slot microSD. Tombol power berada di sisi atas bersama slot audio jack. Bagian backcover tersemat lensa yang menonjol ke luar dengan dikelilingi cincin logam di sekitarnya. Disampingnya terdapat flashlight dan tombol AcerRAPOD tepat di bawah lensa.

Layar dan Interface

Smartphone ini menggunakan teknologi layar TFT capacitive touchscreen dengan bentangan seluas 5 inci dan terdiri dari 16 juta warna. Sayangnya meski memiliki bentang diagonal yang cukup besar, resolusinya tergolong kecil, yakni 580 x 854 pixel dengan kerapatan 196 ppi atau setara FWVGA (Full Wide Video Graphics Array). Tingkat kerapatan piksel yang renggang pun membuat sajian grafisnya tampak kurang tajam. Panel layar juga mendukung teknologi multitouch dan bisa mengenali hingga 5 sentuhan.

Interface yang digunakan tidak jauh berbeda dibanding UI standar Android. Lockscreen memiliki fitur widget sampai 14 pilihan. Sementara homescreen menampilkan 5 panel secara default yang bisa dikurangi atau ditambah hingga 9 buah. Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi dengan mengganti wallpaper, memilih efek transisi antar panel homescreen, atau mengganti shortcut pada lockscreen.

Kamera

Untuk sektor kamera, Acer menanamkan kamera dengan sensor 5 MP (2592 x 1944 pixel) yang dilengkapi LED flash, geo-tagging, HDR, panorama serta perekam video. Kamera sekunder beresolusi VGA juga tersemat di atas layar yang bisa digunakan untuk video call atau foto selfie.

Pengguna dapat memanfaatkan tombol AcerRAPID sebagai shutter atau mengambil beberapa gambar (burst shot) dengan menahan tombol ini.

Fitur Unggulan

Selain digunakan untuk mengakses fitur kamera dan menjepret gambar, tombol AcerRAPID juga berfungsi untuk mengatur aplikasi apa yang akan dijalankan ketika menahan tombol ini dengan melakukan pengaturan sebelumnya. Selain itu, ada fitur Float UI yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi seperti kamera, memo, kalkulator dan Google Maps dalam tampilan jendela kecil.

Internet dan Konektifitas

Untuk akses di dunia maya, ponsel ini dapat berjalan di jalur 3G HSPA. Apalagi Liquid Z5 juga mendukung kapabiltas dual-SIM. Selain itu tersedia konektifitas seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB. Sayangnya minus infra merah dan NFC.

Hardware, Prosesor dan OS

Liquid Z5 hanya dibekali dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.3 GHz dengan RAM 512 MB dan prosesor grafis Mali-400. OS yang digunakan juga masih Android 4.2 Jelly Bean. Dapur pacu perangkat bisa dikatakan usang sehingga jangan mengharapkan respon cepat saat menjalankan berabagi aplikasi atau game yang ‘berat’ secara bersamaan.

Untuk kapasitas penyimpanan, tersedia internal storage 4 GB dengan tambahan slot microSD maksimum 32 GB. Sementara pasokan daya ditunjang oleh baterai Li-Ion berkapasitas 2000 mAh.

Kesimpulan

Karena banderolnya yang masuk kategori menengah, sepertinya kita tidak bisa berharap banyak pada Liquid Z5. Performanya yang kurang responsif, RAM yang kecil, layar ‘seadanya’ dan harga yang tergolong mahal untuk spesifikasinya menjadi kelemahan ponsel ini. Namun, Acer masih membawa fitur atraktif seperti AcerRAPID dan mendukung kapabilitas dual SIM. Jika Anda mengharapkan ponsel dengan fitur dan performa yang lebih baik, ada banyak produk kompetitor yang bisa menjadi pilihan denga selisih harga yang cukup signifikan.

About the author /


Related Articles

Post your comments