Review: Dell Latitude 13 Education, Laptop Khusus Untuk Pelajar

CiriCara Tekno – Sebagai salah satu produsen komputer ternama, Dell benar-benar memperhatikan setiap aspek target marketnya. Bukan hanya menciptakan produk untuk kalangan profesional, Dell juga merilis perangkat komputer jinjing terbaru yang diberi nama Dell Latitude 13 Education yang khusus dihadirkan untuk memudahkan kebutuhan pelajar dalam proses belajar mengajar agar lebih optimal.

Lalu, apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh perangkat edukasi ini? Berikut ulasannya.

Desain

Dari segi desain, Dell Latitude 13 Education memiliki tampilan yang kokoh dan tangguh. Lapisan karet didalamnya membuat laptop ini tahan benturan. Konsep ‘kokoh dan tahan banting’ ini sepertinya memang perlu dihadirkan mengingat pelajar yang cenderung aktif akan membuat laptop rentan jatuh. Selain itu, Dell Latitude 13 Education bukan hanya mengusung mode laptop, tetapi juga mode baring yang membuat keyboard dan layar bisa lurus sejajar.

Keyboard dan Touchpad

Dell Latitude 13 Education didukung dengan keyboard QWERTY ukuran penuh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pelajar. Tampilan touchpad miliknya terbilang standar dan umum namun masih tetap nyaman untuk digunakan.

Layar dan Grafis

Laptop ini memiliki ketahanan yang baik di sisi layar berkat dukungan Gorilla Glass NBT yang menjadi pelindung layar dari goresan atau baret. Bentangan layarnya seluas 13.3 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Selain itu, Latitude 13 Education juga mengandalkan Intel HD Graphics sebagai pengolah grafis yang khusus untuk keperluan pembelajaran.

Performa

Dell menyematkan tiga varian prosesor pada Latitude 13 Education, antara lain: Intel Celeron 2957U berkecepatan 1.4 GHz dan RAM 4GB, prosesor Intel Core i5-4200U dual-core dengan kecepatan 1.6 GHz yang telah mendukung teknologi layar sentuh dengan RAM 4 GB dan proseor Intel Core i3 yang dipadu dengan RAM 8 GB. Ketiga prosesor ini menggunakan teknologi Intel generasi keempat, Haswell, untuk menunjang kinerja dan kegiatan yang dilakukan oleh pengguna Latitude 13 Education.

Meski memiliki banyak varian, laptop ini masih menggunakan sistem operasi yang sama, yakni Windows 7 Profesional 64-bit. Kapasitas penyimpanan miliknya juga cukup lapang dengan HDD sebesar 500 GB untuk menyimpan data dan tugas para pelajar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Dell Latitude 13 Education merupakan perangkat komputer yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar-mengajar. Beragam fitur dan spesifikasi di dalamnya tentu sudah sesuai untuk kalangan pelajar. Rumornya, laptop ini akan dijual dengan harga Rp 4 jutaan sampai Rp 8 jutaan dari varian terendah sampai yang termahal.

About the author /


Related Articles

Post your comments