Review: HTC One M8, Smartphone Dengan Dual Sensor Kamera Belakang

CiriCara TeknoHTC One telah dinobatkan sebagai smartphone terbaik di tahun 2013. Vendor asal taiwan ini pun terbilang sukses menghadirkan ponsel dengan desain cantik, tampilan antarmuka yang lebih fresh, kamera tangguh dan kinerja yang optimal. Hal inilah yang membuat HTC merilis flagship terbaru dari seri One dengan embel-embel M8 di belakangnya. Selain layar yang lebih besar, HTC One M8 hadir dengan beberapa perbaikan dan teknologi terbaru, salah satunya dua sensor kamera belakang yang menjadi fitur andalannya.

Sekilas, HTC One M8 memang lebih baik dibanding pendahulunya. Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan ponsel ini? Simak ulasannya.

Desain

Sekitar 90 persen bodi HTC One M8 menggunakan material alumunium dengan tekstur matte. Material inlah yang membuatnya terlihat kokoh dalam genggaman dan terasa dingin saat di berada di ruangan ber-AC. Dengan desain dan sudut membulat, ponsel ini memiliki dimensi 146.4 x 70.6 x 9.4 mm dengan berat 160 gram.

Pada panel depan, layar diapit oleh dua buah speaker yang berada di sisi atas dan bawah ponsel. Port audio 3.5 mm dan posrt microUSB terletak di bagian bawah ponsel, sementara bagian atasnya dihuni oleh tombol daya. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan slot microSD. Tak lupa, HTC juga memberikan tiga pilihan warna menarik, yaitu gray, silver dan gold.

Layar

One M8 menggunakan layar Super LCD3 capacitive touchscreen berukuran 5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixel, kerapatan mencapai 441 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Meski kepadatan pikselnya lebih kecil dibanding HTC One (469 ppi), hal itu tidak terasa karena kualitas layar M8 tetap sedap dipandang dengan tngkat kecerahan dan kontras yang pas. Sekeliling layar juga dibingkai oleh bazel berwarna hitam glossy. Tak hanya itu, layar juga dilapisi oleh teknologi anti-baret Corning Gorilla Glass 3.

Kelebihan lain dari ponsel ini adalah tidak perlu menekan tombol power untuk menyalakan layar. Pengguna cukup mengetuk layar dua kali, setelah itu geser layar ke kiri untuk masuk ke menu utama atau geser ke kanan untuk masuk ke BlinkFeed.

OS dan UI

Menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 KitKat, HTC melakukan modifikasi pada tampilan Sense UI versi keenam ini dengan lebih simpel dan elegan. Pada bagian kanan atas terdapat tombol shortcut untuk mencari aplikasi, Google Play Store dan menu untuk mengelola aplikasi.

Pada halaman All Apps, terpampang 20 ikon untuk memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi. Ada juga fitur BlinkFeed untuk membaca berita dari sumber-sumber yang bisa disesuaikan serta menampilkan segala update dan news feed dari media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Namun, ponsel ini memiliki sedikit kekurangan dari segi tampilan keyboard. Susunan antartombolnya didesain rapat tanpa celah. Ukurannya juga terlalu kecil, apalagi ditambah dengan karakter atau ikon yang sedikit mengganggu. Tombol spasi juga tidak tepat di tengah. Desain struktur keyboard ini berpotensi menimbulkan typo saat mengetik sehingga pengguna disarankan untuk mengunduh aplikasi keyboard SwiftKey khas Android yang lebih simpel.

Kamera

Inilah salah satu fitur yang membuat orang penasaran dengan One M8. Di bagian depan, HTC menyematkan kamera dengan sensor yang cukup besar , yakni 5 MP dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps. Anda yang suka berfoto selfie pun akan dimanjakan oleh ponsel ini.

Sementara pada kamera utama dipersenjatai dengan dua unit kamera masing-masing beresolusi 4 MP (1520 x 2688 pixel) dengan dual flash berwarna putih dan kuning. Kamera di bagian bawah digunakan untuk mengambil kelebaran gambar (wide), sementara kamera atas yang berukuran lebih kecil berfungsi untuk mengambil kedalaman gambar (depth).

Meski hanya beresolusi 4 MP, kedua kamera tersebut menggunakan teknologi UltraPixel yang diklaim membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghasilkan gambar yang lebih baik. Ukuran sensor kamera juga lebih besar 1/3 inci. Akan tetapi resolusinya memang lebih kecil dibanding produk kompetitor yang telah menggunakan kamera 8 MP atau 13 MP. Tak lupa, kamera One M8 juga dilengkapi berbagai fitur seperti geo-tagging, face and smile detection, HDR, panorama dan image stabilization.

Fitur Unggulan

Untuk mendukung produktivitas, One M8 dibekali dnegan fitur Polaris Office atau Stocks untuk memantau bursa saham. Ada juga fitur yang masih dipertahankan seperti Zoe dan Highlights Reel. Zoe merupakan fitur pengabadi gambar dalam kondisi diam (still photo) sebanyak 20 frame dengan resolusi besar sekaligus merekam video selama 3 detik. Foto dan video yang diambil dengan fitur Zoe ini akan digabung secara otomatis menjadi video berdurasi 30 detik lengkap dengan efek visual dan musik latar. Fitur inilah yang disebut Highlights Reel. Tersedia juga teknologi BoomSound yang mampu menyajikan audio yang lebih jernih dan lantang serta fitur Radio FM.

Internet dan Konektifitas

Untuk berselancar di dunia maya, pengguna bisa mengakses data lewat jalur 3G HSDPA dan 4G LTE. Selain itu tersedia juga konektifitas lain seperti WiFi, Bluetooth, InfraRed dan microUSB. HTC One M8 juga dilengkapi dengan NFC, DLNA serta GPS/GLONASS.

Hardware dan Prosesor

HTC membekali smartphone ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8974AB Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core berkecepatan 2,3 GHz dan RAM 2 GB untuk menopang kinerjanya. Grafisnya juga dipersenjatai dengan prosesor Adreno 330. internal storagenya sebesar 16 GB dengan tambahan slot microSD hingga mencapai 128 GB.

Sayangnya, One M8 dibekali dengan baterai berkapasitas kecil untuk ponsel sekelasnya, yakni hanya 2600 mAh. Jika digunakan untuk memainkan konten kelas berat seperti game HD, browsing atau bersosial media, dipastikan baterai akan cepat boros. Jika baterai dalam keadaan sekarat, One M8 menyediakan fitur Power Saver untuk membantu menghemat daya baterai.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, HTC One M8 memiliki keunggulan dari segi desain dan material bodi, layar besar dan performa mantap, suara yang lebih jernih, kamera depan beresolusi besar serta dua sensor kamera dengan dual flash di belakang. Masih ada juga fitur unggulan seperti BlinkFeed, Zoe dan Highlights Reel. Sayangnya ponsel ini memiliki kamera belakang beresolusi kecil, keyboard yang terbilang cukup heboh namun ribet dan juga baterai dengan kapasitas kecil.

About the author /


Related Articles

Post your comments