Review: HTC One Mini 2, Versi Mini Dari M8

HTC_One_mini_2_3V_Gunmetal

CiriCara Tekno – Seperti yang terjadi pada ponsel andalannya tahun lalu, HTC One, yang dibuat versi “mini”. Kali ini giliran HTC One M8 yang dibuat versi mininya dengan nama HTC One Mini 2. Meski tampilan fisiknya sangat mirip dengan kakaknya,One Mini 2 mengusung layar yang lebih kecil dan kamera 13 MP. Lantas bagaimana fitur dan spesifikasi smartphone yang mengusung desain ikonik seri One dengan versi lebih ringkas ini?

Desain

HTC One Mini 2 hadir dengan dimensi yang lebih kecil, yakni 137.4 x 65 x 10.6 mm dengan berat 137 gram. Tampilan fisik, desain hingga material bodinya memang tidak jauh berbeda dibanding HTC One M8. Hanya saja, ukurannya memang lebih ergonomis sehingga pas untuk digenggam dan digunakan.

Sektor layar juga mengalami “penyunatan” dari yang sebelumnya 5 inci menjadi 4.5 inci (720×1280 pixel), dengan kerapatan 326 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Teknologi layar yang digunakan adalah Super LCD2 capacitive touchscreen yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir baret dan goresan. Untuk antar muka, HTC masih menggunakan Sense UI v6.

Fitur

Komponen M8 yang paling terasa hilang di Mini 2 adalah hilangnya dual LED flash dan kamera UltraPixel “DuoCam”. Namun HTC menggantinya dengan kamera konvensional dengan resolusi 13 MP. Memang sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya yang hanya 4 MP dan membuat One Mini 2 setara dengan ponsel-ponsel premium lainnya. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti autofocus, geo-tagging, face and smile detection serta kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Sama seperti kakaknya, ponsel ini juga memiliki kamera sekunder di bagian depan dengan daya bidik sebesar 5 MP serta dapat merekam video 1080p@30fps. Untuk fitur multimedia lainnya tersedia juga audio dan video player serta Radio FM untuk mendengarkan siaran channel favorit. Kualitas suara yang dihasilkan pun juga cukup jelas dan jernih karena menggunakan fitur audio yang sama pada M8, yaitu BoomSound pada speaker. Selain itu, HTC One Mini 2 juga mendukung fitur GPS/GLONASS.

Performa

HTC One Mini 2 dapat berjalan di jalur 3G HSDPA dan 4G LTE untuk browsing, chatting, cek email atau bersosial media. Pengguna juga dapat memanfaatkan konektifitas lokal untuk berbagi data lewat WiFi, Bluetooth, microUSB dan NFC.

Menggunakan OS Android teranyar, yaitu 4.4.2 KitKat, Mini 2 juga dipersenjatai dengan prosesor mumpuni pada sektor dapur pacu. Chipset yang ditanamkan adalah prosesor quad-core Snapdragon 400 yang berkecepatan 1,2 GHZ serta ditunjang dengan RAM 1 GB. Grafisnya pun didukung oleh Adreno 305. Dengan demikian, aktifitas seperti browsing, streaming video atau bermain game berbasis HD pun terasa lebih lancar.

Mini 2 dibekali dengan memori internal 16 GB yang bisa diekspansi dengan microSD maksimum 128 GB. Untuk pasokan daya, HTC hanya membekali dengan baterai Li-Ion berkapasitas 2100 mAh.

Kesimpulan

Sebagai versi “murah dan ringkas” dari M8, HTC One Mini 2 memang memiliki beberapa kelebihan seperti desain yang lebih ergonomis, kamera tangguh dan prosesor mumpuni. Sayangnya sisi lemah ponsel ini juga sama seperti kakaknya, yakni daya tahan baterai yang terbilang kecil dan cepat boros jika ponsel sering digunakan.

Mini 2 memang belum menjangkau tanah air. Smartphone yang dibanderol sekitar USD 360 ini rencananya baru akan masuk Asia, Timur Tengah dan Afrika pada Juni 2014.

About the author /


Related Articles

Post your comments