Review: Huawei Ascend P6S

Huawei-Ascend-P6S

CiriCara Tekno – Setelah merilis Ascend P6 yang cukup sukses di pasaran pada pertengahan 2013 lalu, kali ini Huawei merilis seri lanjutannya yang diberi nama Ascend P6S. Ponsel Android terbaru ini memiliki sedikit peningkatan performa dibanding pendahulunya, namun desain yang ditawarkan masih sama dan juga dipersenjatai prosesor yang cepat. Bagaimana dengan fitur dan spesfikasi lainnya dari Ascend P6S? Simak dalam ulasan berikut.

Desain

Huawei Ascend P6S memiliki dimensi 132.6 x 65.5 x 6.5 mm dengan berat 120 gram, lebih tebal 0.33 mm dari pendahulunya. Desain dan material bodi tidak memiliki banyak perubahan. Masih terdapat bazel dengan material metal di sekeliling ponsel yang membuat tampilannya semakin kokoh dan terkesan premium.

Sektor layar menggunakan LCD kapasitif seluas 4.7 inci dengan resolusi 1280×720 pixel. Corning Gorilla Glass juga sudah terpasang sebagai bentuk proteksi terhadap layar. Sementara tampilan antarmukanya menggunakan interface khas Huawei bernama Emoticon UI versi 2.0.

Fitur

Sektor kamera menggunakan lensa bersensor 8 MP (3264×2448 pixel) yang dilengkapi beragam fitur seperti LED flash, autofocus, geo-tagging, HDR, smile and face detection. Tak hanya itu, kamera depan juga cukup besar dengan daya bidik sebesar 5 MP yang bisa digunakan untuk berfoto selfie atau melakukan video call.

Fitur hiburan lain seperti audio/video player serta Radio FM sudah tersemat dalam ponsel. Sementara aplikasi bawaan Google seperti Play Store, Maps, Gmail, Google Music, Hangouts, Gtalk, Chrome dan YouTube juga dapat Anda temukan dalam Ascend P6S.

Untuk konektifitas di dunia maya, ponsel ini mendukung jalur 3G HSPA. Selain itu masih ada konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB dengan fitur USB On-The-Go untuk memudahkan transfer data ke perangkat lain.

Performa

Jika sebelumnya Ascend P6 menggunakan prosesor berkecepatan 1.5 GHz, kali ini P6S mengalami peningkatan performa. Chipset yang ditanamkan adalah HiSilicon V9R1 yang mengusung prosesor quad-core berkecepatan 1.6 GHz dan RAM 2 GB sehingga kinerja ponsel menjadi lancar dan nyaman digunakan. Sistem operasi yang digunakan Android 4.2 Jelly bean, namun Huawei berencana memberikan update ke OS Android 4.4 KitKat.

Huawei Ascend P6S memiliki kapasitas memori internal sebesar 16 GB tanpa slot memori eksternal. Ini sedikit berbeda dengan Ascend P6 yang memiliki memori 8 GB dengan tambahan microSD. Sementara pasokan daya ditunjang oleh baterai Li-Ion berkapasitas 2000 mAh.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Huawei Ascend memiliki beberapa keunggulan dengan performa mumpuni, kamera tangguh dan memori yang cukup lapang. Namun Huawei masih belum memberikan pernyataan resmi kapan ponsel ini akan dirilis di pasar Internasional meski d Tiongkok P6S dijual dengan banderol 2.700 Chinesse Yuan atau Rp 5.5 jutaan.

About the author /


Related Articles

Post your comments