Review: Lenovo A390

CiriCara Tekno – Meskipun sudah lama hadir di tanah air, Lenovo A390 masih diburu oleh para pecinta gadget. Fitur dan spesifikasi mumpuni serta banderolnya yang saat ini tidak mencapai sejuta menjadi alasan mengapa smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini masih diminati. So, apa saja kelebihan dan keunggulan Lenovo A390? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Lenovo A390 hadir dengan pilihan warna hitam dan putih serta ukuran yang lebih minimalis, yakni 125.6 x 64 x 10.1 mm dengan berat 131 gram. Panel layar menggunakan teknologi TFT capacitive touchscreen seluas 4 inci dengan resolusi 480 x 800 pixel dan kepadatan pixel mencapai 233 ppi. Selain itu layarnya juga mendukung multitouch dan sanggup menerima input hingga 5 titik. Untuk ponsel low-end, layar 4 inci sudah termasuk besar.

Kamera dan Fitur

Untuk fitur kamera, Lenovo menanamkan lensa bersensor 5 MP (2592 x 1944 pixel) yang dilengkapi fitur geo-tagging dan video recorder. Namun sayangnya, kamera ponsel ini tidak didukung dengan LED flash dan autofocus.

Fitur multimedia lainnya terbilang cukup lengkap mulai dari audio/video player dan Radio FM. Pengguna juga dapat mendengarkan suara lewat headset yang dicolok slot audio jack 3.5 mm, ditambah dengan teknologi Dolby Digital Plus Sound Ehancement yang membuat kualitas suara kian jernih.

Lenovo A390 juga dibekali dengan fitur GPS yang mendukung A-GPS yang membantu pengguna untuk mengetahui atau mencari lokasi dengan lebih mudah dan tepat.

Perfoma dan Konektifitas

Beralih ke konektifitas, ponsel ini mendukung kapabilitas dual SIM dan dapat berjalan di jalur 3G HSPA. Selain itu masih ada fitur konektifitas lokal seperti Bluetooth, microUSB dan WiFi.

Untuk dapur pacu, handset ini dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT6577 dan prosesor dual-core berkecepatan 1 GHz dan RAM 512 MB. Prosesor grafisnya pun menggunakan PowerVR SGX531u. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich.

Lenovo menyediakan internal storage sebesar 4 GB pada ponsel in yang bisa diperluas dengan slot microSD hingga 32 GB. Daya tahannya juga sudah didukung oleh baterai Li-Ion 1500 mAh yang dapat bertahan 9 jam di mode 3G dan 14 jam untuk 2G.

Kesimpulan

Lenovo A390 memang ponsel low-end yang memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup mumpuni. Layar seluas 4 inci dan kamera 5 MP tentu menjadi keunggulan ponsel ini dibanding produk kompetitor di kelasnya. Sayangnya kamera masih minim fitur dan RAM yang digunakan cukup kecil. Namun dengan banderolnya, sepertinya itu bukan masalah.

About the author /


Related Articles

Post your comments