Review: Lenovo A859

Lenovo-a859

CiriCara Tekno – Ponsel mid-end dengan layar 5 inci saat ini memang tengah diburu. Salah satu alasannya adalah dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna berkat display yang lebih luas, apalagi pilihannya sudah ada banyak di pasaran dengan harga terjangkau. Salah satu produknya adalah Lenovo A859. Ponsel yang diperkenalkan pada januari 2014 ini diklaim sebagai ponsel ideal untuk multimedia serta dilengkapi beragam fitur khas Lenovo. So, apa saja keunggulan dari ponsel ini?

Desain

Menggunakan material berbahan polycarbone, Lenovo A859 memiliki dimensi 142 x 72.5 x 9.2 mm. Desainnya berbentuk persegi empat dengan lengkungan ergonomik di tiap sudutnya. Bezel tipis menghiasi sisi kiri dan kanan ponsel, sedangkan bagian bawahnya melengkung meyerupai busur dan dihiasi bahan metalik.

Tiga tombol sentuh (home, back dan setting) berada di bawah layar. Di bagian atas terdapat tombol power dan port audio, sementara di bagian bawah hanya tersemat port charger atau data. Tombol pengatur volume juga menghiasi sisi kanan ponsel. Casing belakang ponsel ini berbahan dasar plastik dengan cat glossy yang agak licin bila digenggam.

Display dan UI

Panel layar menggunakan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5 inci dengan resolusi 720×1280 pixel, kepadatan 294 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Tampilan grafis yang dihasiklkan terbilang cukup baik dan tajam.

Tampilan antarmuka yang digunakan adalah UI khusus Lenovo yang tidak dimiliki oleh ponsel lain. Tidak ada icon menuju aplikasi dalam karena aplikasi utama sudah tampil pada layar begitu Anda menggeser layar utama. Selain itu, masih ada pengaturan tema, wallpaper dan widget pada halaman tambahan yang bisa diubah sesuka hati.

Kamera dan Video

Sektor pengabadi gambar dipersenjatai oleh lensa bersensor 8 MP (3264×2448 pixel) lengkap dengan autofocus dan LED flash. Anda yang hobi berfoto selfie akan terakomodasi kebutuhannya lewat kamera sekunder sebesar 1.6 MP. Tak hanya itu, foto yang Anda ambil juga bisa dideteksi posisinya bila info lokasi GPS diaktifkan.

Fitur dan Multimedia

Tersedia fitur hiburan seperti audio player dengan pengaturan equalizer dan efek 3D serta video player yang mampu memainkan file beresolusi 1080p. Sementara Radio FM miliknya juga dilengkapi dengan fitur rekam suara.

Di dalam perangkat, terdapat fitur tambahan aplikasi Doit yang terdiri dari SHAREit untuk berbagai informasi secara instan pada banyak perangkat tanpa harus membayar biaya jaringan, SECUREit untuk mempercepat performa dan memproteksi perangkat dari virus dan malware. Ada juga SYNCit yang berfungsi sebagai backup data ponsel seperti kontak dan pesan SMS.

Internet dan Konektifitas

Lenovo A859 dilengkapi dengan fitur konektifitas yang cukup lengkap. Pengguna dapat menggunakan jalur 3G HSPA dan WiFi untuk online atau terhubung ke dunia maya. Apalagi ponsel ini juga memiliki kapabilitas dual-SIM dengan kemampuan koneksi yang sama. Bluetooth dan microUSB juga sudah tersedia sebagai konektifitas lokal untuk berbagai data dengan perangkat lain.

Hardware, Prosesor dan OS

OS yang digunakan pada ponsel ini adah Android 4.2 Jelly Bean. Sementara dapur pacu menggunakan prosesor quad-core berkecepatan 1.3 GHz dan RAM 1 GB untuk menunjang kinerjanya. GPU yang digunakan adalah Mali-400MP. Dukungan internal storage 8 GB cukup lapang untuk menambah aplikasi, ditambah dengan adanya slot microSD untuk menambah video dan audio. Segala aktifitas ponsel ini juga ditunjang oleh baterai Li-Ion berkapasitas 2250 mAh.

Kesimpulan

Dengan banderol menengah, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan kemampuan yang mendekati premium seperti prosesor quad-core yang mumpuni, konektifitas lengkap, kamera tangguh serta layar berteknologi IPS. Lenovo juga menyediakan upgrade firmware yang mudah dilakukan sehingga hardwarenya berjalan lebih mulus. Kekurangan ponsel ini hanya terdapat pada material bodi yang agak licin.

About the author /


Related Articles

Post your comments