Review: LG G Pro 2

CiriCara Tekno – Pasar phablet sepertinya memang menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa vendor ternama. Setelah Samsung memperkenalkan flagship Galaxy Note miliknya, kali ini giliran LG yang memiliki varian G Series dengan fitur dan spesifikasi mumpuni. Pabrikan asal Negeri Ginseng inipun merilis generasi penerus dari G Pro dengan desain yang mirip dengan G2. Lantas apa saja keistimewan dari phablet ini?

Desain

LG G Pro 2 hadir dengan dimensi 157.9 x 81.9 x 8.3 mm dengan berat 172 gram. Desain full touchscreen dengan material plastik masih dipertahankan. Tombol power dan pengatur volume bertengger di bagian belakang. Di atas terdapat port infared dan jack audio. Sementara bagian bawah dihiasi dengan port microUSB untuk pengisian daya atau transfer data.

Display dan Interface

Pada panel display, LG menggunakan layar IPS capacitive touchscreen seluas 5.5 inci dengan kerapatan pixel hingga 373 ppi dan terdiri dari 16 juta warna. Ada fitur Knock Code dengan kombinasi empat hingga delapan ketukan jari untuk menyalakan layar. G Pro 2 juga memiliki fitur Smart Screen dan Smart Video yang kegunaannya mirip dengan Smart Stay dan Smart Pause milik ponsel Samsung.

Tampilan yang digunakan adalah Optimus UI. Pada halaman muka, terdapat 4 panel homescreen yang bisa ditambahkan dengan aneka widget atau shortcut aplikasi. Layarnya yang lebar juga memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi atau dual windows bahkan tiga aplikasi sekaligus dengan Slide Aside UI.

Kamera dan Video

Sektor fotofrafi dibekali dengan kamera beresolusi 13 MP (4208 x 3120 pixel) lengkap dengan autofocus. LED flash dan OIS+ (optical image stabilization). Teredia berbagai mode seperti HDR, panorama, dual camera shot, time catch shot, beauty shot dan magic focus. Kemampuan merekam videonya maksimal 4K(2160p@30fps).Di atas layar terdapat kamera sekunder sebesar 2.1 MP dengan kemamuan merekam video kualitas full HD.

Multimedia dan Fitur Unggulan

Di sektor multimedia, LG menyediakan music player yang dapat terhubung dengan perangkat lain melalui protokol DLNA. Masih ada juga video player yang dapat memainkan video dengan resolusi masksimal 4K.

LG juga menambahkan beberapa fitur unggulan. Misalnya Polaris Viewer untuk membuka dokumen dalam file doc, excel dan powerpoint, atau fitur Notebook yang memungkinkan pengguna membuat buku digital yang dapat menambah attachment serta dapat disimpan dalam file pdf. Ada juga fitur Smartshare untuk memainkan file multimedia melalui koneksi DLNA dalam satu jaringan WiFi. Selain Slide Aside UI, G Pro 2 juga dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan lewat QSlide App.

Internet dan Konektifitas

Smartphone ini dapat menjelajah dunia maya lewat jalur 3G HSPA dan 4G LTE. Selain itu tersedia juga konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, DLNA, NFC dan microUSB. Kabel data dapat digunakan sebagai DisplayPort yang dapat menampilkan video dan audio ke perangkat eksternal dengan tambahan adapter. Dengan menggunakan adaptor USB, ponsel ini dapat membaca file dalam flashdisk

Hardware, Prosesor dan OS

G Pro 2 menggunakan chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core berkecepatan 2.26 GHz dan RAM 3 GB. GPU yang digunakan adalah Adreno 330. untuk OS, ponsel ini menggunakan Android 4.4.2 KitKat.

Di dalam ponsel, tersedia internal storage sebesar 8 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD maksimum 32 GB. Sebaga penunjang daya, LG membenamkan baterai Li-Ion berkapasitas 3200 mAh.

Kesimpulan

Gambaran sebagai ponsel premium yang kaya akan fitur mumpuni layak disematkan kepada LG G Pro 2. Performa prima, kamera tangguh serta konektifitas yang sangat lengkap adalah beberapa keunggulan ponsel ini. Belum lagi fitur lainnya yang memiliki ‘nilai tambah’ seperti Slide Aside UI, Polaris Viewer dan Smartshare. Hanya saja phablet ini minus Radio FM. Mungkin tak akan menjadi masalah bagi Anda yang memang tidak suka mendengarkan siaran radio.

About the author /


Related Articles

Post your comments