Review: LG G2 Mini, Versi ‘Murah’ Dari G2

CiriCara Tekno – Saat ini, smartphone flagship dengan ukuran menyusust yang diberi embel-embel ‘mini’ atau ‘lite’ memang sedang menjadi tren. Rata-rata vendor besar melakukan hal serupa untuk menghadirkan pengalaman menggunakan ponsel premium mereka dalam bentuk yang lebih kecil dan tentunya banderol yang ikut dipangkas.

Setelah menarik perhatian konsumen lewat LG G2, kali ini vendor asal Korea Selatan tersebut meluncurkan versi mini dari G2. Smartphone yang dikenal akan keunikannya lewat penempatan tombol yang tak biasa ini tentu memiliki fitur yang hampir setara dengan kakaknya.

Seperti apa performa dan keunggulan dari LG G2 Mini? Simak ulasannya.

Desain

LG G2 hadir dengan ukuran dan dimensi yang lebih ringkas, yakni 129.6 x 66 x 9.8 mm dengan berat 121 gram. Material yang digunakan masih berbahan plastik dengan finishing matte pada backcover sehingga teksturnya sedikit kasar namun nyaman untuk digenggam.

Bagian sisinya masih tetap ‘bersih’ dari tombol fisik dan ditambahkan aksen metal untuk memberi kesan elegan dan premium. Hanya bagian atas saja dijejali dengan slot audio jack. Selain itu, tombol sentuh di bagian depan juga dihilangkan dan diganti dengan on screen button yang susunannya bisa dikustomisasi. Penempatan tombol power dan pengatur volume juga masih berada di bagian belakang. Karena ukurannya yang lebih kecil, pengoperasiannya juga menjadi lebih mudah dan nyaman karena hanya perlu menggunakan satu tangan.

Tak seperti G2 yang unibodi, G2 Mini memiliki konstruksi bodi konvensional sehingga cover belakang bisa dilepas untuk memasukkan kartu SIM, slot microSD atau mencabut baterai.

Layar

Panel layar menggunakan LCD IPS capacitive touchscreen dengan ukuran 4.7 inci (480 x 854 pixel), kepadatan 234 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Selain itu, layar juga dilindungi oleh teknologi lapisan anti-gores Corning Gorilla Glass 2. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup baik meski tidak istimewa. Level kontras dan saturasi warna yang ditawarkan juga terlihat baik.

Meski dilabeli sebagai smartphone ‘mini’, panel layar seluas 4.7 inci masih tergolong besar. Bandingkan dengan produk kompetitor versi mini lainnya yang memiliki luas layar maksimal 4.3 inci.

Kamera

LG membenamkan kamera dengan sensor 8 MP (3264 x 2448 pixel) dilengkapi dengan LED flash, autofocus dan fitur seperti geo-tagging, face detection, panorama dan HDR. Ada juga fitur perekam video beresolusi 1080p@30fps. Sementara di bagian depan terdapat kamera sekunder sebesar 1.3 MP yang bisa digunakan untuk berfoto selfie atau video call. Kamera depan juga dapat merekam video beresolusi 720p@30fps.

Kualitas foto yang dihasilkan terbilang cukup baik, apalagi dalam kondisi cahaya memadai seperti di luar ruangan pada siang hari. Namun dalam situasi low light, hasil foto dihiasi dengan noise meski masih dalam tahap wajar. Kualitas video juga cukup oke dan memiliki detail yang baik. Apalagi microphone yang tersemat dalam ponsel dapat merekam suara dengan sangat baik.

Fitur Unggulan dan Multimedia

Jika sebelumnya LG memperkenalkan fitur KnockOn dimana pengguna dapat mengaktifkan layar tanpa menyentuh tombol power, kali ini G2 Mini dilengkapi dengan fitur Knock Code. Sejatinya fungsi keduanya mirip, hanya saja Knock Code merupakan gabungan ketukan pada layar untuk membentuk pola yang berfungsi mengaktifkan layar.

Pengguna dapat memasukkan kombinasi 2-8 ketukan dengan pola bebas untuk membentuk password yang nantinya berfungsi untuk membuka kunci pada perangkat sesuai dengan pola yang sudah diatur sebelumnya. Fitur ini pun terasa fungsional dan inovatif karena dapat digunakan meski layar dalam kondisi tidak aktif.

LG juga menyediakan fitur multimedia standar seperti audio/video player, Radio FM serta GPS dengan dukungan GLONASS.

Konektifitas

Pilihan konektfitas smartphone ini terbilang sangat lengkap. LG G2 Mini mendukung kapabilitas dual SIM dan dapat berjalan di jaringan 3G HSPA. Untuk konektifitas lokal dalam berbagi file dan data, tersedia fitur WiFi, Bluetooth, Infrared port dan microUSB.

Performa

Untuk dapur pacu, G2 Mini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz, GPU Adreno 305 dan RAM 1 GB. Prosesornya memang terbilang standar meski tidak bisa dikatakan jelek. Berbagai macam aplikasi dan game berat dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa hambatan berarti.

Handset ini menggunakan OS terbaru Android 4.4.2 KitKat. Kapasitas internal storagenya sebesar 8 GB dengan tambahan slot microSD maksimum 32 GB guna memperbesar ‘ruang’ penyimpanan. Untuk pasokan daya, LG telah menanamkan baterai Li-Ion berkapasitas 2440 mAh.

Kesimpulan

Bisa dikatakan, LG G2 Mini tidak terlalu jauh berbeda dengan smartphone berlabel ‘mini’ lainnya. Fitur dan spesifikasi yang disematkan terbilang standar dan tidak ada yang istimewa. Namun, ponsel ini tidak bisa disebut kecil karena layarnya berukuran 4.7 inci atau hampir setara dengan ponsel premium dari merek lain.

Meski demikian, G2 Mini masih memiliki beberapa keunggulan seperti letak tombol fisik yang unik, mendukung dual SIM card, kamera tangguh serta OS terbaru yang bisa menjadi pertimbangan untuk memiliki ponsel ini. Terlebih pilihan warnanya juga cukup elegan seperti Titan Black, Lunar White, Red dan Gold.

About the author /


Related Articles

Post your comments